Ledakan Dahsyat Guncang Kota Haifa di Israel

0
66

Haifa, LiputanIslam.com – Ledakan dahsyat mengguncang kota Haifa yang biasanya tenang di Israel utara, Kamis (4/2).

Dilaporkan oleh media Israel bahwa ledakan terdengar keras dan berasal dari area bekas pabrik kimia Haifa di Teluk Haifa, yang bangunannya telah dibongkar oleh pemerintah kota setempat yang bekerjasama dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan polisi negara ilegal Zionis ini.

Penduduk mengatakan bahwa ledakan itu sangat mengejutkan mereka karena mereka tidak menerima peringatan sebelumnya dari pemerintah kota. Pabrik itu menghentikan aktivitasnya sejak beberapa tahun lalu dan memindahkannya ke wilayah selatan Israel (Palestina pendudukan 1948).

Semua itu dilakukan di tengah kekhawatiran Israel terhadap ancaman Hizbullah Libanon untuk menggempur Haifa jika pecah perang antara keduanya.

Tak ada laporan mengenai korban yang jatuh akibat insiden ini, maupun penyebab ledakan.

Insiden serupa yang berasal dari kompleks industri petrokimia Haifa yang terletak di daerah permukiman itu pernah terjadi sebelumnya hingga mengganggu kehidupan sehari-hari puluhan ribu orang.

Pada pertengahan Desember tahun lalu, kerusakan yang tidak biasa di kompleks kilang Haifa menyebabkan dua obor terbakar secara intens dan mengepulkan asap tebal di angkasa.

Ledakan dahsyat yang mengguncang Beirut, ibu kota Libanon, pada Agustus 2020  membangkitkan kembali kekhawatiran atas fasilitas kimia Haifa hingga menarik perhatian pihak pembuat hukum di Israel.

“Kita perlu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari Teluk Haifa,” kata Menteri Perlindungan Lingkungan, Gila Gamliel, kepada 103FM saat itu.

Dia menambahkan, “Rencananya adalah membuang (bahan kimia) dalam lima tahun, dan kemudian lima tahun lagi untuk membersihkan daerah tersebut.” (mm/jp)

Baca juga:

Tertembak Jatuhnya Drone Israel di Libanon dan Gaza, Babak Baru Keterpukulan Zionis

Fatah: Israel Setuju atau Tidak, Pemilu akan Dilangsungkan di Quds

Tertembak Jatuhnya Drone Israel di Libanon dan Gaza, Babak Baru Keterpukulan Zionis

 

DISKUSI: