Lautan Pelayat Banjiri Prosesi Pemakaman Korban Serangan AS terhadap Jenderal Soleimani

0
145

Baghdad, LiputanIslam.com –  Lautan pelayat membanjiri proses pemakaman para korban serangan udara AS terhadap komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dan pemimpin al-Hahshd al-Shaabi Abu Mahdi al-Muhandis di Baghdad, Sabtu (4/1/2020).

Prosesi pemakaman diwarnai yel-yel “mampus Amerika”  dan dimulai di kawasan Kadhmiyah, Baghdad, sebelum kemudian dilanjutkan secara nasional di kawasan al-Khadra dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Irak.

Al-Alam melaporkan  bahwa prosesi di Irak dimulai dari komplek makam Imam Musa al-Kadzim dan Imam Muhammad al-Jawad di Kadzimiyah kemudian dilanjutkan di kawasan al-Khadra dan dari ibu kota Irak berlanjut di kota Karbala dan kota Najaf.

Jenazah Qassem Soleimani dari Irak lalu diterbangkan ke kota Masyhad sebelum kemudian Teheran dan akan dimakamkan di kota kelahirannya, Kerman.

Baca: Kepada PBB Iran Nyatakan Dampak Pembunuhan Soleimani tak  akan Terbendung

Al-Hashd al-Shaabi, mengumumkan bahwa jenazah al-Muhandis dimakamkan di kota Najaf. Sedangkan IRGC mengumumkan bahwa jenazah Soleimani baru akan menjalani prosesi di Masyhad pada hari Ahad (5/1/2020) kemudian dimakamkan di Kerman pada hari Selasa (7/1/2020).

Seperti diketahui, Jenderal Soleimani dan beberapa orang lainnya, termasuk Abu Mahdi al-Muhandis, gugur diterjang serangan helikopter AS dalam perjalanan menuju Bandara Internasional Baghdad pada dini hari Jumat (3/1/2020).  (mm/alalam)

DISKUSI: