Laporan CIA Diungkap, Bin Salman Disimpulkan sebagai Dalang Pembunuhan Khashoggi

0
235

Washington, LiputanIslam.com –  Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memutuskan untuk memublikasi laporan badan intelijen AS, CIA, mengenai kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi serta peranan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman (MbS) di balik peristiwa mengerikan yang terjadi di Istanbul, Turki, ini.

Pencabutan status rahasia laporan intelijen itu diberitakan oleh surat kabar AS, The Washington Post, Jumat (19/2) sembari menyebutkan bahwa laporan itu berkesimpulan bahwa MbS telah memerintahkan pembunuhan yang terjadi di dalam Konsulat Jenderal Saudi di Turki pada tahun 2018 tersebut.

Diberitakan pula bahwa seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Saudi menolak berkomentar mengenai penyingkapan maupun isi laporan intelijen AS tersebut.

Menurut surat kabar itu, perilisan laporan CIA itu dapat mengeruhkan hubungan AS-Saudi dan menjatuhkannya hingga ke taraf yang rendah.

The Washington Post menyebutkan bahwa keterlibatan MbS sebagai orang yang memerintahkan  pembunuhan Khashoggi sejak awal sudah jelas bagi CIA, , namun Presiden AS saat itu, Donald Trump, bersikeras untuk tidak mempedulikan laporan tersebut dan malah melindungi MbS karena sudah terlanjur menjalin hubungan erat dengannya.

Dalam sebuah wawancara dengan Bob Woodward, lanjut The Washington Post, Trump telah berbangga dapat meloloskan MbS dari upaya kongres meminta pertanggungjawaban MbS. (mm/raialyoum)

Baca juga:

AS Nyatakan akan Bekerjasama dengan Saudi Sejauh Kepentingan Kolektif

AS Berjanji akan Menghukum Pelaku Serangan di Arbil

DISKUSI: