Kubah Besi Salah Tembak Pesawat Israel Sendiri dalam Perang Gaza-Israel

0
109

TelAviv, LiputanIslam.com –  Sistem pertahanan udara Israel Kubah Besi (Iron Dome) telah salah sasaran dan mengena jet tempur Israel sendiri dalam peristiwa perang Gaza-Israel pada Mei lalu. Demikian dilaporkan saluran 13 TV Israel, Rabu (14/7).

Berdasar keterangan sumber-sumber Israel, saluran ini menyebutkan bahwa reaksi Kubah Besi sangat berbahaya, dan dalam peristiwa tersebut serpihan rudal Kubah Besi telah menimpa sebuah jet tempur F-15 milik Israel sendiri.

Sebelumnya, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa dalam perang tersebut Kubah Besi telah mendeteksi sebuah pesawat nirawak Israel sebagai obyek penyerang sehingga melakukan tindakan pencegatan terhadapnya.

Kinerja sistem pertahanan udara Israel yang produksinya telah mengurasi banyak dana negara Zionis ilegal ini belakangan menjadi isu kontroversial di tengah publik Israel.

Media Israel membicarakan kegagalan sistem ini mencegat banyak roket para pejuang Palestina serta sebuah roket yang melesat dari wilayah Suriah dan jatuh di dekat komplek nuklir Israel Dimona di bagian selatan Israel (Palestina pendudukan 1948).

Mengenai rudal yang melesat dari wilayah Suriah, militer Israel secara resmi gagal mencegatnya. Reporter saluran Al-Arabiya tentang ini melaporkan bahwa Kubah Besi telah dua kali gagal menangkis rudal tersebut. (mm/fna)

Baca juga:

[Video]: Hizbullah Rilis Video Penawanan Tentara Zionis, Jurnalis Israel Mengkonfirmasi

Menhan Israel: Kita Harus Siap Menghadapi Negara “Berkekuatan Nuklir” Iran

DISKUSI: