Kuatir Corona, Ayatullah Khamenei Imbau Warga Iran Tidak Menunaikan Iktikaf “Ayyamul Bidh”

0
175

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Khamenei mengimbau kepada warga Iran untuk tidak menunaikan iktikaf pada bulan Rajab tahun ini akibat merebaknya wabah virus corona (Covid-19).

Dalam laporan yang dimuat di website kantor Pelestarian dan Publikasi Karya Ayatullah Uzma Sayid Khamenei disebutkan bahwa dia selama ini selalu menekankan penunaian iktikaf di “Hari-hari Bidh” (Ayyamul Bidh) yang jatuh pada tanggal 13-15 Rajab sebagai momentum penyucian kalbu, taubat, dan pembinaan diri, dan kaum Muslimin Iranpun, termasuk anak-anak muda, pasca kemenangan revolusi Islam selalu antusias memanfaatkan momentum itu dengan menunaikan iktikaf di masjid-masjid selama tiga hari berturut-turut.

Baca: Pejabat Iran Sebut Wabah Corona Serangan Teror Biologi

Hanya saja, lanjut laporan itu, karena sedang terjadi wabah virus corona dan sudah ada petunjuk dari lembaga-lembaga berwenang dalam upaya pencegahan eskalasi wabah ini maka pada tahun ini masyarakat diimbau untuk tidak menunaikan ibadah iktikaf.

Baca: Wabah Corona Terus Mengganas di Iran, Pasien Positif Bertambah 1076 dalam 24 Terakhir

Disebutkan pula bahwa di tengah kondisi demikian kepala Komisi Pusat Iktikaf telah melayangkan surat kepada Ayatullah Khamenei berisi permohonan kepadanya agar memberikan wejangan kepada masyarakat yang tak dapat menunaikan ibadah tersebut pada tahun ini.

Ayatullah Khamenei lantas meresponnya dengan imbaun bahwa masyarakat yang tak dapat menunaikan ibadah itu sebaiknya menunaikan “shalat Jakfar al-Thayyar” pada Ayyamul Bidh. (mm/alalam)

DISKUSI: