Kontak Telefon dengan Erdogan, Rouhani: Iran dan Turki Dua Kekuatan Besar Dunia Islam

0
178

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani dalam kontak telefon pada momen perayaan Idul Adha dengan sejawatnya dari Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (21/7), menyebut Iran dan Turki sebagai dua negara besar regional dan Dunia Islam sehingga sama-sama memiliki peran penting dalam penyelesaian berbagai persoalan regional.

Sembari mengucapkan selamat Idul Adha kepada pemerintah dan rakyat Turki, Rouhani mengungkapkan kegembiraannya atas baiknya hubungan Iran-Turki di berbagai bidang.

“Mujur, hari ini bidang-bidang hubungan bilateral ekonomi, politik, kebudayaan dan internasional kedua negara terus berjalan dan baik,” ungkapnya.

“Iran dan Turki dalam berbagai isu global dan regional serta aneka persoalan yang melanda Dunai Islam sama-sama merasa bertanggungjawab dan menjalin kerjasama antusias sehingga membantu penyelesaian problematika regional melalui jalur dialog dan perundingan,” lanjutnya.

Di pihak lain, Erdogan membalas ucapan selamat hari raya kurban kepada pemerintah dan rakyat Iran, sembari mengapresiasi perkembangan hubungan antara kedua negara serta mengharapkan kontinyuitas kerjasama antara kedua di masa mendatang.

“Turki dan Iran memiliki sikap kolektif dan menjalin kerjasama dalam berbagai isu penting regional dan internasional,” katanya.

Presiden Turki juga menyinggung peran dan kontribusi Iran dalam penyelesaian berbagai isu regional di tengah situasi krusial, dan menekankan urgensi kerjasama negara-negara regional untuk penyelesaian krisis yang melanda sejumlah negara, termasuk Suriah, Irak dan Afghanistan. (mm/fna)

Baca juga:

Karzai Sebut Kehadiran AS Perkuat Terorisme di Afghanistan

Khatibzadeh: Sekarangpun Iran Siap Jalankan Pertukaran Tahanan dengan AS dan Inggris

DISKUSI: