Kerajaan Saudi Tangkap Tiga Pangeran Papan Atas

0
182

Riyadh, LiputanIslam.com –  Surat kabar Wall Street Journal (WSJ) yang berbasis di AS mengungkap bahwa otoritas Arab Saudi telah menangkap tiga pangeran papan atas negara ini, yaitu Pangeran Ahmad bin Abdulaziz, adik Raja Saudi, Pangeran Mohamed bin Nayef mantan putra mahkota Saudi, dan Pangeran Nawaf bin Nayef, adik Mohamed bin Nayef.

Seperti dikutip oleh beberapa media berbahasa Arab, termasuk Rai al-Youm dan al-Alam, Sabtu (7/3/2020), WSJ menyebutkan bahwa ketiga pangeran itu dicokok dengan tuduhan pengkhianatan, dan otoritaspun memeriksa rumah Ahmad bin Abdulaziz dan Mohamed bin Nayef.

WSJ menambahkan bahwa dua orang yang rumahnya diperiksa itu merupakan pangeran terkemuka yang seharusnya “memperkuat kekuasaan Putra Mahkota Mohamed bin Salman dan menyingkap para pesaingnya dalam perebutan tahta”.

Mengutip keterangan beberapa sumber “khusus” di Riyadh, ibu kota Saudi,  WSJ menyebutkan bahwa lingkungan kerajaan Saudi mengalami pergerakan yang tak wajar sejak Rabu malam lalu dan kemudian berujung dengan penangkapan para pangeran senior.

Disebutkan pula pada pagi hari Jumat kemarin (6/3/2020) sekelompok pasukan pengawal istana kerajaan mengenakan topeng dan pakaian serba hitam mendatangi rumah dua pangeran tersebut kemudian menangkap mereka dan memeriksa rumah mereka.

Baca: Raja Salman Pecat Menteri Ekonomi Saudi, Efek Perang Yaman?

Sumber-sumber tersebut menyatakan bahwa dua pangeran papan atas Saudi itu dituduh “berkhianat”, dan menurut WSJ, orang yang dikenai tuduhan demikian terancam hukuman penjara seumur hidup atau bahkan hukuman mati.

Surat kabar Israel the Times of Israel menyebutkan adanya plot kudeta yang gagal sebelum para pengeran itu diringkus. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI: