Kedubes AS di Baghdad Diserang Roket Misterius, Apa Motifnya?

0
108

Baghdad, LiputanIslam.com –   Zona Hijau di Baghdad, ibu kota Irak, dilaporkan mendapat serangan roket “sia-sia” dan “serampangan” hingga membangkitkan kecurigaan di pihak para pejuang resistensi Irak, Kamis (13/1).

Sumber-sumber yang dekat dengan kelompok-kelompok resistensi Irak mengatakan kepada saluran berita Sabereen News di Telegram menyebutkan, “Sebuah kelompok bersenjata telah menembakkan beberapa roket secara serampangan ke arah Kedubes AS di pusat kota Baghdad, dan kelompok ini berulang kali melancarkan “serangan bodoh” sedemikian rupa.

Sumber-sumber itu menambahkan bahwa serangan itu bertujuan mengacak kartu dan menyudutkan pasukan relawan Al-Hashd Al-Shaabi dan kelompok-kelompok resistensi di depan khalayak umum, sebab operasi serangan yang memang dilakukan oleh kelompok-kelompok resistensi memiliki atribut dan indikasi yang jelas serta tidak serampangan.

Menurut sumber-sumber itu, beberapa rudal telah ditembakkan dari Karadah, kawasan yang dikuasai oleh “sebuah kelompok yang dalam beberapa hari terakhir ini berusaha menelan negara, dan para wakilnya memraktikkan kekerasan dalam sesi pertama sidang parlemen terhadap perdana menteri petahana.”

Serangan roket tersebut membuat Kedubes AS mengoperasikan sistem pertahanan udaranya. Situs berita Al-Ahed yang berbasis di Irak melaporkan bahwa warga setempat memperlihatkan foto-foto serpihan rudal pertahanan udara C-RAM milik Kedubes AS. Menurut mereka, sejumlah warga sipil terluka terkena serpihan rudal tersebut.

Dilaporkan bahwa Kedubes AS melepaskan rudal-rudalnya secara membabi buta hingga menimbulkan ketakutan pada warga sipil di kawasan Al-Jaradah, Al-Jadiriyah dan Al-Qadisiah. (mm/alalam)

Baca juga:

[Video:] Detik-Detik Penembakan Roket dan Drone ke Pangkalan Militer AS di Irak  

Mantan Pejabat AS Sebut Keberadaan Militer AS di Suriah Ilegal

 

DISKUSI: