Kecam Israel, Presiden China Nyatakan Dukungannya kepada Palestina

0
164

Ramallah, LiputanIslam.com –  Presiden China Xi Jinping menegaskan sikap teguh negaranya dalam mendukung perjuangan Palestina, kepatuhan pada solusi dua negara, dan pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat di perbatasan tahun 1967 dengan Quds (Yerusalem) Timur sebagai ibukotanya.

Sikap itu dinyatakan Xi Jinping dalam percakapan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Senin (20/7/2020), sembari menekankan penolakan Beijing terhadap langkah-langkah sepihak yang dipandang akan merusak peluang perdamaian serta menyalahi hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Presiden China menambahkan bahwa negaranya mendukung usulan Mahmoud Abbas kepada Dewan Keamanan PBB untuk penyelenggaraan konferensi perdamaian internasional.

Dia menekankan bahwa Beijing memandang penting upaya menghidupkan kembali proses perdamaian sesuai dengan ketentuan internasional dan solusi dua negara, dan bahwa China siap memainkan peran konstruktif dan mendukung upaya segi empat internasional.

Di pihak lain, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan berterima kasih dan penghargaannya atas semua dukungan politik dan ekonomi China kepada bangsa Palestina untuk membantu mereka mencapai kebebasan dan kemerdekaannya. Abbas juga menghargai bantuan medis dan para ahli China untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Palestina.

Baca: Perjanjian Kontroversial Iran-China, Perlawanan Besar terhadap Arogansi AS

Abbas menjelaskan perkembangan terbaru isu Palestina, serta berbagai upaya politis dan diplomatik pemerintah Palestina untuk memobilisasi dukungan internasional kepada Palestina dengan tujuan mencegah Israel menerapkan rencana aneksasi yang ditolak oleh dunia Arab maupun khalayak  internasional.

Presiden juga menghargai sikap China dalam mendukung pencapaian perdamaian berdasarkan legitimasi internasional, dan menolak tindakan sepihak yang melanggar resolusi legitimasi internasional.

Abbas dan Xi Jinping sepakat untuk melanjutkan kontak dan koordinasi antara keduanya di masa-masa mendatang. (mm/wafa)

DISKUSI: