Kapal Tanker Terakhir Tiba di Venezueala, Misi Pengiriman Minyak Iran Selesai

0
105

Caracas, LiputanIslam.com –   Perusahaan Minyak Negara Venezuela (PDVSA), Sabtu (290/5/2020), mulai menyuplai stasiun-stasiun bahan bakar negara ini dengan pasokan dari Iran, demikian dilaporkan Reuters dengan mengutip empat sumber yang mengetahui urusan distribusi tersebut.

Otoritas Venezuela bersiap memperluas penjualan ritel bensin dengan harga termurah di dunia selama dua dekade manakala kapal tanker kelima yang dikirim Iran bergerak menuju Laut Karibia.

Menurut data pelacakan kapal dari Refinitiv Icon, kapal terakhir itu diperkirakan mencapai perairan Venezuela pada hari Ahad (30/5/2020).

Dari 1.800 stasiun di Venezuela, sekitar 240 stasiun tetap beroperasi sejak Presiden Nicholas Maduro mengumumkan langkah-langkah isolasi umum terkait dengan pandemi virus corona  (Covid-19) pada bulan Maret, termasuk pembatasan penjualan bahan bakar akibat minimnya stok.

Rencana distribusi bahan bakar baru dengan detailnya yang belum diumumkan secara resmi diharapkan akan mencakup 1.540 stasiun di seluruh negeri.

Sumber-sumber Reuters menjelaskan bahwa pasokan grosir dimulai pada hari Sabtu di beberapa daerah setelah pengujian yang dilakukan beberapa hari yang lalu dengan tujuan menerapkan penjualan ritel otomatis dan sistem kontrol pada awal Juni.

Reuters menyebutkan bahwa PDVSA dan Kementerian Energi Venezuela enggan menanggapi ketika diminta berkomentar.

Seperti diketahui, Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan kepada pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia bahwa mereka dapat dikenai sanksi berat jika membantu kapal tanker bahan bakar Iran untuk Venezuela.

Namun, anggota parlemen Iran, Mojtaba Zonnour, menyatakan bahwa pengiriman bensin Iran ke Venezuela memperlihatkan kewenangan dan martabat Iran serta responnya yang kuat terhadap petualangan AS.

Baca: “Iran Kirim Bensin ke Venezuela, Wibawa Palsu AS Hancur”

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Gholamreza Ansari, Ahad, mengatakan bahwa Venezuela telah meminta bantuan Teheran dalam perbaikan fasilitasnya.

“Venezuela telah meminta bantuan dalam memperbaiki beberapa instalasi, dan permohonan mereka sedang dipelajari,” ujarnya.

Dia tidak merinci jenis fasilitas yang disebutkan, tetapi negara Amerika Latin itu sebelumnya telah meminta bantuan Iran dalam perbaikan tersebut.

Baca: Video: Jet Tempur Su-30 dan F-16 Kawal Kapal Tanker Minyak Iran di Venezuela

Menurut Ansari, Iran bersedia membantu Venezuela yang notabene pasar yang bagus untuk produk minyak hilir Iran.

Dia juga mengatakan bahwa kapal tanker minyak Iran terakhir yang membawa bahan bakar ke Venezuela akan tiba di perairan teritorial Venezuela pada hari Ahad. (mm/amn/fna)

DISKUSI: