Jet Tempur Su-35 Rusia Cegat Jet Tempur Israel di Suriah

0
164

London, LiputanIslam.com –  Jet tempur Su-35 Rusia di Suriah selatan dilaporkan telah mencegat jet tempur Israel, yang diduga merencanakan serangkaian serangan udara ke Pangkalan T4 yang merupakan pangkalan udara militer terbesar di Suriah.

Portal Avia.pro melaporkan pencegatan tersebut sembari mengutip keterangan akun militer Suriah di Twitter, Senin (9/12/2019).

“Ternyata insiden itu sangat krusial, dan perlu disebutkan bahwa sebelumnya di Suriah selatan, jet-jet tempur Israel terlihat dan kemudian jet-jet tempur Rusia dikirim untuk mencegat mereka,” tulis portal tersebut.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa jet tempur Israel mundur setelah dua jet tempur Su-35 lepas landas dari pangkalan Hmeimim, Suriah.

Baca: Israel Mengancam Jadikan Suriah sebagai Vietnam bagi Iran

Tidak atau belum ada komentar resmi tentang laporan ini, baik dari Rusia, Israel maupun Suriah.

Pada 20 November lalu Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim bahwa jet-jet tempur  telah membom puluhan sasaran militer milik Pasukan Quds Iran dan Angkatan Bersenjata Suriah, termasuk berupa rudal darat-ke-udara, markas besar, gudang senjata dan pangkalan militer.

Baca: Iran: Kami akan Buat Israel Sesali Semua Agresinya

Militer Zionis Israel menganggap “rezim Suriah” bertanggung jawab atas serangan dari wilayah Suriah ke sasaran Israel di wilayah pendudukan Golan.

“Kami menganggap rezim Suriah bertanggung jawab atas tindakan yang terjadi di wilayah Suriah, dan kami memperingatkannya agar tidak membiarkan serangan lebih lanjut terhadap Israel. Kami akan terus bertindak tegas selagi hal ini dirasa perlu terhadap penetrasi Iran di Suriah,” tegas IDF. (mm/raialyoum)

DISKUSI: