Jerman akan Berusaha Masukkan Hizbullah dalam Daftar Teroris UE

0
120

Berlin, LiputanIslam.com –  Jerman dilaporkan akan berusaha mencantumkan nama Hizbullah dalam daftar organisasi teroris Eropa, sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron mulai menunjukkan perubahan sikap terhadap kelompok pejuang Libanon yang dipimpin Sayid Hassan Nasrallah tersebut.

Perusahaan Penyiaran Jerman Deutsche Welle mengutip laporan majalah Jerman Der Spiegel bahwa klasifikasi teroris selama ini hanya berlaku untuk sayap militer Hizbullah, namun selanjutnya sayap politik Hizbullah didukung Iran itu juga hendak dicantumkan.

“Hizbullah adalah organisasi teroris,” kata Wakil Menteri Dalam Negeri Jerman Hans-Georg Engelke.

Menurut Der Spiegel, dia menyebutkan bahwa selama kepemimpinan Jerman di Uni Eropa akan dilakukan upaya memasukkan Hizbullah secara keseluruhan ke dalam daftar hitam teroris.

Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer, pada akhir April lalu mengumumkan bahwa Hizbullah telah dilarang sehingga harus menghentikan kegiatannya di Jerman.

Der Spiegel melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Jerman sangat mendukung usulan baru Kementerian Dalam Negeri, namun larangan Hizbullah sejauh ini gagal karena tidak disetujui oleh Prancis.

Majalah itu juga melaporkan bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron mulai menjauhkan diri dari Hizbullah setelah Mustafa Adib mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri Libanon dan gagal membentuk pemerintahan baru.

Kemudian Macron juga mulai secara terbuka mengkritik Hizbullah dengan mengatakan, “Hizbullah tidak seharusnya merasa lebih kuat dari yang sebenarnya.”

Dia menambahkan, “Hizbullah tidak bisa sekaligus menjadi tentara yang memerangi Israel, milisi di Suriah, dan partai yang dihormati di Lebanon. Ia harus membuktikan bahwa ia menghormati semua orang Lebanon. Dalam beberapa hari terakhir, ia jelas menunjukkan sebaliknya. ”

Der Spiegel mengutip pernyataan juru bicara Partai Demokrat Bebas Jerman urusan kebijakan luar negeri di parlemen bahwa partai yang menauhi Macron menerima tanda-tanda yang menunjukkan perubahan sikapnya dalam masalah ini. (mm/amn)

Baca juga:

Sayid Nasrallah Nyatakan Tak Dapat Melupakan Besarnya Jasa Emir Kuwait

[Video]: Israel Rilis Rekaman Gambar “Pabrik Rudal” Hizbullah

DISKUSI: