Jenderal Terkemuka Israel Akui Kehebatan Iran di Bidang Drone Militer

0
387

TelAviv, LiputanIslam.com –   Mantan kepala staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Jenderal Gadi Eizenkot mengakui kehebatan Iran di bidang pesawat nirawak (drone) militer.

Dikutip Fars milik Iran, Jumat (28/1), Eizenkot dalam wawancara yang dimuat surat kabar Israel Maariv, Kamis, mengatakan, “Iran adalah sebuah negara yang sangat maju. Beberapa tahun lalu, sebuah drone AS yang sangat canggih tiba-tiba mesinnya berhenti berfungsi dan kemudian jatuh. Setahun kemudian, kita melihat drone-drone dengan model yang sama ada di Iran, sepenuhnya mirip, dan buatan Iran. Mereka memiliki kemampuan yang sangat besar.”

Menurut Fars, meski Eizenkot tak menyebutkan nama drone itu namun tampaknya drone yang dia maksud adalah tipe RQ 170 yang beberapa tahun lalu berhasil dibajak dan didaratkan oleh pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Terkait peristiwa itu, Iran merilis gambar-gambar yang memperlihatkan keberhasilan pasukan Iran mendaratkan drone itu dalam kondisi utuh tanpa cacat sama sekali sehingga membuat banyak media dan pengamat heran dan berhadapan dengan misteri metode Iran dalam pembajakan tersebut.

Di bagian lain pernyataannya, Eizenkot berbicara mengenai kesulitan Israel menyerang Iran dan menjelaskan bahwa fasilitas nuklir Iran bukan saja tersebar di berbagai daerah melainkan juga dibangun di bawah tanah sehingga menyebabkan kesulitan tersebut.

Dia juga menyebutkan bahwa dua setengah tahun lalu Israel mengambil keputusan untuk meneror jenderal legendaris Iran Qasem Soleimani setelah terjadi serangan roket ke Golan, namun keputusan ini gagal hingga kemudian Soleimani terbunuh di tangan pasukan Amerika Serikat di Baghdad pada 3 Januari 2020. (mm/fna)

Baca juga:

Israel Keberatan Jual Sistem Pertahanan Udara kepada UEA

Tolak Perjanjian Oslo, PM Israel: Negara Palestina Tak Akan Pernah Ada

DISKUSI: