Jenderal Israel: Bahaya Terbesar di Golan adalah Iran dan Hizbullah, Bukan Suriah Sendiri

0
140

Beirut, LiputanIslam.com –  Seorang jenderal Israel menyatakan bahwa ancaman terbesar bagi pasukan Zionis Israel di wilayah Golan saat ini berasal dari Iran dan Hizbullah Lebanon, dan bukan Suriah sendiri.

Komandan divisi ke-210 militer Israel, Mayjen Roman Goffman, kepada kantor berita TASS milik Rusia, Jumat (30/10/2020), mengatakan, “Bahaya terbesar jika kita melihat perbatasan Suriah adalah pembentukan sebuah front oleh Iran dan Hizbullah di Suriah selatan melawan Israel.”

Dia melanjutkan, “Ini adalah bahaya utama. Kami melihat bahaya bukan di Suriah atau Suriah sendiri, yang harus membangun kembali dirinya sebagai negara … Faktanya, Iran dan Hizbullah sedang menyusup ke wilayah tersebut dan memperkuat posisi mereka di sana secara mantap dan terus menerus.”

“Ini adalah bahaya besar bagi kami, dan bagi pemerintah Suriah dan warga Suriah yang tinggal di Suriah selatan,” tambah Goffman, sembari menuding Hizbullah menjadikan warga di Suriah selatan sebagai “sandera”.

Jenderal itu mengklaim, “Suriah sekarang dalam keadaan merosot sebagai sebuah negara, tentaranya sedang pulih setelah bencana, dan karena itu di perbatasan Lebanon bahayanya jauh lebih besar, dan Hizbullah adalah pasukan teroris yang nyata. Tetapi kami melihat bahwa tentara Suriah telah mulai mendapatkan kembali kemampuannya dan ini akan memakan waktu beberapa tahun.”

Goffman menegaskan bahwa tujuan strategis Israel adalah mencegah keberadaab Iran dan Hizbullah di Suriah, terutama di bagian selatan. (mm/rta)

Baca juga:

Sayid Nasrallah: Bukan Mengatasi Masalah, Prancis Malah Nyatakan Perang

Israel Serukan Pemboikotan Film Dokumenter Kejahatan Israel di Tepi Barat

 

DISKUSI: