[Video]: Israel Temukan dan Gempur Fasilitas Bawah Tanah Hamas di Jalur Gaza

0
77

TelAviv, LiputanIslam.com –  Militer Israel menyatakan bahwa jet tempur dan helikopternya telah menggempur instalasi bawah tanah milik Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) di Jalur Gaza selatan pada Selasa malam (20/11/2020), dengan dalih membalas serangan rudal ke Israel yang terjadi sebelumnya.

“Jet tempur dan helikopter baru saja menggempur fasilitas bawah tanah milik Hamas di Jalur Gaza selatan, sebagai tanggapan atas tembakan roket dari jalur itu ke Israel pada sore hari ini,” ungkap juru bicara militer Israel Avichai Adrai di halaman Twitter-nya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sirene berbunyi di daerah permukiman Zionis di sekitar Jalur Gaza, dan tentara Israel mengumumkan bahwa sistem pertahanan udara Kubah Besi miliknya telah mencegat sebuah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza menuju daerah sekitar Gaza.

Laporan lain menyebutkan bahwa serangan roket dari Gaza terjadi setelah tentara Israel menemukan terowongan bawah tanah di wilayah selatan Jalur Gaza. Selain itu, Angkatan Laut Israel juga telah menembaki dan menghalau para nelayan Palestina di dekat pantai kota Gaza.

Situs RT Arabic milik Rusia memuat video yang dirilis oleh militer Israel dan disertai keterangan bahwa militer Israel menyatakan militan di Jalur Gaza telah menggali terowongan sedalam puluhan meter yang melewati pagar keamanan di sekitar jalur itu sebelum kemudian terdeteksi.

Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus menyebutkan bahwa terowongan itu menyeberang ke wilayah Israel tapi “tidak menimbulkan ancaman apapun” ke permukiman Israel di dekatnya, dan belum ada jalan keluar di sisi lain.  (mm/rta/alalam)

Baca juga:

Israel dan UEA akan Teken Perjanjian Bebas Visa

Mufti Oman Kecam Normalisasi Hubungan dengan Israel, Meski Netanyahu Pernah ke Oman

DISKUSI: