Israel Isyaratkan Kesiapan Pengadaan Pertahanan Rudal Bersama dengan Arab Teluk

0
79

Quds, LiputanIslam.com –   Rezim Zionis Israel berkemungkinan siap bekerjasama di bidang pertahanan rudal di masa mendatang dengan negara-negara Teluk Arab yang sama-sama merasa terancam oleh Iran.

Hal tersebut dinyatakan oleh Moshe Patil, kepala organisasi pertahanan rudal Israel yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan, Selasa (16/12), namun sembari menyatakan bahwa sejauh ini belum tiba saatnya untuk menjalin perjanjian demikian, dan persetujuan Washington juga diperlukan jika sistem yang dikembangkan Israel menggunakan teknologi Amerika Serikat (AS).

“Hal demikian bisa terjadi, mungkin di masa depan,” kata Patel kepada wartawan, ketika ditanya apakah sebagian sistem Israel telah diperkenalkan kepada para mitra barunya di kawasan Teluk Persia atau dioperasikan bersama dengan sistem serupa di sana.

Dia menambahkan, “Secara teknik tentu banyak keuntungannya. Dimungkinkan untuk bertukar informasi demikian semisal sensor yang dapat digunakan di kedua negara karena kami memiliki musuh yang sama.”

Ketakutan terhadap Iran menjadi faktor di balik kesepakatan 15 September yang ditengahi oleh AS  untuk menormalisasi hubungan diplomatik Israel dengan UEA dan Bahrain. Arab Saudi sejauh ini belum menjalin hubungan bilateral secara resmi dengan Israel namun gigih mendorong proses normalisasi hubungan tersebut.

Seorang pejabat senior Israel pernah mengatakan kepada Reuters bahwa sebelum negosiasi yang mengarah pada normalisasi hubungan dengan UEA dan Bahrain tidak akan ada koordinasi dengan negara-negara Teluk mengenai pertahanan rudal.

Patel mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan apa yang disebutnya sebagai kesuksesan ujicoba sistem pertahanan rudal multi-level Israel, yang dapat mencapai target terbang di berbagai ketinggian dan dapat mengejar lagi target yang semula terlewat.

Dia menyebutkan bahwa levelnya yang terendah terdiri dari Iron Dome untuk mencegat rudal jarak pendek, yang juga telah menembak jatuh rudal jelajah dan drone.

Israel mengoperasikan Iron Dome bersama dengan sistem David’s Sling untuk mencegat rudal jarak menengah, serta sistem Arrow, yang juga mampu menembak jatuh rudal balistik di luar angkasa. (mm/railayoum)

Baca juga:

Media Israel: Sebagian Kemampuan Hizbullah Melebihi  95% Tentara di Dunia

Untuk Kedua Kalinya, Militer Israel Tak Sengaja Tembakkan Proyektil ke Gaza

DISKUSI: