Israel dan AS Berencana Meledakkan Fasilitas Nuklir Iran

0
126

TelAviv, LiputanIslam.com –  Media Israel mengutip apa disebutnya pernyataan mantan wakil komandan Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Ahmad Reza Pourdastan, bahwa Israel merencanakan peledakan fasilitas nuklir Iran dengan bantuan Amerika Serikat (AS).

Dewan penyiaran Israel, Makan, melaporkan adanya pernyataan Pourdastan pada Jumat pekan lalu bahwa rencana peledakan itu hendak dieksekusi ketika di Iran terjadi serangkaian aksi protes terhadap kenaikan harga minyak pada bulan lalu.

“Dengan bantuan AS Rezim Zionis merencanakan peledakan instalasi nuklir Iran ketika terjadi unjuk rasa protes terhadap kenaikan harga di Iran pada bulan lalu,” bunyi pernyataan Pourdastan yang dikutip channel Makan pada Sabtu malam (21/12/2019).

Menurut saluran Israel ini, mantan kepala staf umum angkatan bersenjata Iran Jenderal Gadi Eizenkot pada pekan lalu menegaskan bahwa perjanjian nuklir Iran dengan sejumlah negara terkemuka dunia yang dinamai JCPOA memungkinkan Iran menguasai Timteng dan menggelontorkan dana sekira US$ 1 miliar di Libanon dan US$ 10 miliar di Suriah.

Baca: Iran Sambut Baik Sikap Jepang Tolak Bergabung dengan Koalisi Maritim AS

Eizenkot menyatakan demikian pada pekan lalu dalam sebuah forum Pusat Kajian Keamanan Nasional Israel yang bernaung di bawah Universitas Tel Aviv. Menurutnya, kemampuan Iran itu terhalangi oleh keluarnya AS dari perjanjian JCPOA.

Baca: Menlu Emirat Akui Proses Terbentuknya Aliansi Arab – Israel

Makan juga melaporkan pernyataan Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennett pada Rabu lalu bahwa Iran berusaha membuka pangkalan-pangkalan militer di wilayah Suriah, dan dia kemudian bersumbar bahwa Suriah akan menjadi Vietnam bagi Iran dan bahwa Israel akan semakin melancarkan tekanan untuk mencegah rencana-rencana Iran di Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI: