Israel Dalam Konfrontasi Kali Ini Mencoba Bedakan Hamas dengan Jihad Islam

0
205

Quds, LiputanIslam.com –   Rezim Zionis Israel dalam konfrontasi dengan para pejuang Palestina kali ini berbeda dalam memandang Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) yang berkuasa di Jalur Gaza.

Hal ini terungkap dari pernyataan-pernyataan yang tak biasanya dari Israel belakangan ini bahwa serangan udaranya di Jalur Gaza terbatas hanya pada posisi-posisi Jihad Islam, tidak mencakup posisi-posisi Hamas, sehingga tampak bahwa Israel berusaha menghindari eskalasi besar,

Perkembangan ini juga telah disinggung di sejumlah media Israel. Bin Kaspit, jurnalis surat kabar Israel Maariv, berkomentar, “Baru sekarang di era kontemporer Israel membedakan antara Hamas dan Jihad Islam, dan dengan demikian Israel telah menyimpang dari prinsipnya bahwa Hamas selaku penguasa di Gaza harus membayar segala tindakan yang dilakukan oleh siapapun di Jalur Gaza. Israel sekarang tidak lagi demikian.”

Senada dengan ini, Haaretz, surat kabar Israel lainnya, menyatakan bahwa di tengah eskalasi Gaza-Israel “Mesir dan beberapa pihak internasional lain mengupayakan gencatan senjata, dan tekanan utama mengarah pada Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza, sebagai upaya mencegah Hamas bergabung dengan Jihad Islam dalam serangan ke Israel.”

Baca: Netanyahu: Hanya Ada Satu Pilihan bagi Jihad Islam Palestina

Sementara itu, juru bicara Hamas Fawi Barhoum justru memperingatkan Israel untuk tidak menyendirikan Gerakan Jihad Islam.

“Kami tegaskan kepada rezim pendudukan (Israel) agar tidak menyendirikan Jihad Islam,” tegasnya. Dia menjelaskan bahwa Brigade Ezzeddin al-Qassam, sayap militer Hamas, “bahu membahu dengan Brigade Quds (sayap militer Gerakan Jihad Islam) dalam pertempuran.”

Di sisi lain, juru bicara Kepresidenan Palestina Nabil Abu Rudainah mendesak Israel agar segera menghentikan serangannya terhadap orang-orang Palestina. Dia juga menyebutkan bahwa  Presiden Palestina Mahmoud Abbas “sedangkan mengerahkan upaya intensif untuk mencegah eskalasi bahaya Israel dan menghindari dampaknya.”

Baca: Gerakan Jihad Islam Palestina dan Israel Masih Saling Gempur, Korban Bertambah

Rudainah menyerukan kepada masyarakat dunia, terutama PBB, agar “segera turun tangan menekan Israel agar menghentikan agresinya yang berkelanjutan terhadap bangsa kami, menghormati undang-undang internasional yang menegaskan keharusan penyediaan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina.” (mm/raialyoum)

DISKUSI: