Israel Ancam Hizbullah, Perang akan Berkobar?

0
343

Quds LiputanIslam.com   Kepala Komisi Keamanan dan Urusan Luar Negeri parlemen Israel Knesset, Ram Ben Barak, menyatakan Tel Aviv serius menanggapi ancaman Hizbullah, dan “memperingatkan Hassan Nasrallah (Sekjen Hizbullah) agar tidak mengusik kedaulatan Israel.”

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan i24news, Ahad (14/8), Barak  mengatakan, “Jika Hizbullah mengobarkan perang di utara, Israel siap untuk itu, dan memperingatkan Hizbullah untuk tidak membayar harga yang mahal. Hizbullah tahu betul bahwa kita adalah negara yang kuat sehingga tidak boleh Hizbullah melakukan kebodohan itu.”

Mengenai kemungkinan membuka front Golan jika terjadi perang dengan Hizbullah, Ben Barak memastikan Israel siap untuk skenario demikian, dan ada kemungkinan bahwa kelompok-kelompok milisi yang berafiliasi dengan Iran akan melakukan skenario demikian, tapi Israel siap untuk itu.

Mengenai sengketa perbatasan Israel-Libanon dan ladang gas Karish, Ben Barak mengatakan, “Kami belum menyerahkan sumber daya kami, dan ada garis yang jelas di perbatasan. Garis 29 sangat terang dan jelas menggambarkan di mana perbatasannya. Ladang gas merembes ke belahan Israel, dan pembicaraan pun berkenaan dengan rembesan 20% -25%. Semua pekerjaan pengeboran akan berada di belahan Lebanon, dan masalah kompensasi gas yang merembes ke belahan kita bergantung pada negosiasi.”

Tentang kemungkinan negara-negara besar dunia mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran setelah pengajuan draft kesepakatan akhir, Ben Barak mengatakan Israel “bukan bagian dari perjanjian ini dan memiliki semua opsi untuk menanggapi nuklir Iran.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Serangan Israel Tewaskan Tiga Tentara Suriah

Soal Hizbullah, Israel Ancam Dua Perwira Tinggi Suriah

 

DISKUSI: