IRGC Perkuat Pasukan Di Daerah Kurdi

0
142

Potret para pasukan IRGC. Sumber: Baghdadpost.com

Teheran, LiputanIslam.com   Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengirim bala bantuan ke daerah Kurdi yang dilanda kerusuhan untuk menghentikan infiltrasi “teroris” dari negara tetangga Irak saat serangan terhadap kelompok separatis berlanjut.

Komandan Pasukan Darat  IRGC Brigjen Mohammad Pakpour, Jumat (25/11), mengumumkan pengerahan unit-unit lapis baja dan pasukan khusus Pasukan Keamanan Nasional di wilayah perbatasan barat dan barat laut negara ini.

“Gerakan pasukan darat ini bertujuan untuk memperkuat unit yang berada di perbatasan dan mencegah infiltrasi teroris yang berafiliasi dengan kelompok separatis yang beroperasi di wilayah utara Irak,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Menyusul adanya pergerakan kelompok teroris separatis di barat laut negara ini, yang menyebabkan keadaan tidak aman di beberapa daerah, pasukan darat IRGC memperkuat pasukan internal di perbatasan wilayah provinsi barat dan barat laut dan memanfaatkan kerjasama penduduk setempat, dan akan dengan tegas menghadapi faktor-faktor yang menyebabkan ketidakamanan di wilayah tersebut.”

Sejak 24 September, IRGC telah melancarkan seranganke posisi-posisi separatis yang bersembunyi di Kurdistan Irak.

Dalam dua bulan terakhir, kelompok teroris itu berusaha menebar kekacauan dan kerusuhan di kota-kota perbatasan dengan mengirimkan pasukan dan peralatan serta melakukan operasi teror. Beberapa pasukan mereka tertangkap oleh pasukan Iran.

IRGC  telah berulang kali mendesak pemerintah pusat Irak dan pemerintah semi-otonomi Kurdistan Irak agar memenuhi komitmen mereka terhadap Iran dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengamankan perbatasan bersama kedua negara. (mm/tasnim)

Baca juga:

Panglima IRGC: Akan Kami Tenggelamkan Siapapun yang Bermaksud Melanggar Keamanan Iran

Menlu Iran: Banyaknya Korban di Pihak Aparat dalam Kerusuhan Bukti Iran Patuhi HAM

DISKUSI: