Iran Ungkap Motif Jet Tempur AS Bayangi Pesawat Sipil Iran

0
100

Teheran, LiputanIslam.com – Iran mengaku telah mengetahui lebih dari 90% rincian peristiwa jet tempur F-15 milik Amerika Serikat (AS) membayangi pesawat sipil Iran hingga menyebabkan kepanikan kepada para penumpang pada Kamis pekan lalu.

“Iran sudah memastikan pangkalan udara yang digunakan jet tempur AS untuk menghadang pesawat sipil Iran di angkasa Suriah pada Kamis malam lalu… Otoritas Iran sudah mengungkap lebih 90% rincian peristiwa ini,” ungkap Wakil Ketua Parlemen Iran untuk Urusan Internasional Hossein Amir Abdollahian dalam sebuah wawancara televisi, Ahad (26/7/2020).

“Ini bukan peristiwa biasa, ada berbagai analisa mengenai peristiwa ini, antara lain (bahwa jet tempur AS itu) bertujuan mengelabui jet tempur Suriah agar menembak jatuh pesawat sipil Iran,” lanjut Abdollahian.

Dua Kali Lecehkan Pesawat Sipil Iran

Laporan terbaru menyebutkan bahwa pada peristiwa itu jet tempur AS dua kali dalam enam menit “melecehkan” pesawat sipil yang terbang dari Teheran menuju Beirut itu.

Beberapa sumber informasi mengatakan kepada Press TV bahwa pelecehan pertama kali terjadi ketika pesawat Iran terbang di atas wilayah strategis al-Tanf, Suriah, dekat perbatasan Suriah dengan Yordania dan Irak, sedangkan pelecehan kedua kalinya terjadi di perbatasan Suriah-Libanon.

Mereka juga menyebutkan bahwa jet tempur AS itu lepas landas dari Pangkalan Udara al-Azraq, Yordania, yang bisa jadi juga merupakan pangkalan yang digunakan AS dalam menerbangkan drone-nya untuk membunuh komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Letjen Qassem Soleimani, di dekat Bandara Internasional Baghdad, Irak, pada awal Januari 2020.

Sumber-sumber itu menambahkan bahwa pilot pesawat Mahan Air terpaksa segera menurunkan ketinggian demi menghindari tabrakan dengan pesawat tempur AS di perbatasan Suriah-Lebanon.

Seperti pernah diberitakan, peristiwa itu telah menyebabkan beberapa penumpang cidera akibat benturan ketika pilot mendadak menurunkan ketinggian. Peristiwa ini terdokumentasikan dalam beberapa penggalan video viral. (mm/raialyoum/presstv)

Baca juga:

Soal “Pelecehan” Pesawat Penumpang, Iran Ingatkan Bisa Membalas AS

[Video] Jet Tempur AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Terluka

DISKUSI: