Iran Umumkan Eksekusi Pertama Pelaku Kerusuhan

0
177

Teheran, LiputanIslam.com   Iran telah mengumumkan eksekusi terhadap seorang pria terpidana kasus kejahatan dalam peristiwa gelombang kerusuhan.

Pria bernama Mohsen Shekari, 23 tahun, itu di pengadilan terbukti menyerang seorang petugas keamanan dengan pisau dan menutup sebuah jalan di Teheran.

Shekari ditangkap pada 25 September, lebih dari seminggu setelah aksi unjuk rasa protes melanda berbagai kota Iran menyusul kematian Mahsa Amini , 22 tahun, yang ditahan oleh polisi moral. Shekari divonis mati awal pada 20 November, dan dieksekusi pada Kamis pagi.

Sementara itu, Badan Intelijen Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengumumkan pihaknya telah membongkar dan melumpuhkan sel kelompok kontra-revolusi Islam serta meringkus tiga anggota sel itu di provinsi Ardabil, barat laut Iran.

Dilaporkan bahwa sel itu membentuk beberapa kelompok untuk mengacaukan keamanan nasional dan menyabotase properti publik dan militer dengan menggunakan bom molotov dan aksi pembakaran.

Disebutkan pula  bahwa sel itu selain berencana melakukan tindakan sabotase, juga telah membuat beberapa akun di situs jejaring sosial dengan tujuan menyebar berita hoax, mendistorsi dan menyesatkan opini publik, serta menimbulkan keresahan. (mm/alalam)

Baca juga:

Presiden Raisi: AS Ingin Jadikan Iran Seperti Suriah dan Afghanistan, Tapi Tak Sanggup

IRGC: AS yang ‘Adidaya’ Saja Tak Mampu Tundukkan Iran, Apalagi Selainnya

DISKUSI: