Iran Tuding AS dan Inggris Terlibat Langsung dalam Gelombang Kerusuhan di Iran

0
182

Foto: Potret bendera Iran bersanding dengan simbol kementerian intelijen Iran

Teheran, LiputanIslam.com   Kementerian Intelijen Iran menuding  Amerika Serikat (AS) dan Inggris terlibat langsung dalam gelombang kerusuhan yang melanda berbagai wilayah Iran belakangan ini.

Kementerian itu menyatakan bahwa puluhan teroris yang berafiliasi dengan rezim Zionis dan kelompok anti-revolusi telah diringkus  beberapa hari terakhir kerusuhan.

Kementerian itu memastikan adanya permainan asing di balik layar dalam kerusuhan yang terjadi di tengah heboh kematian wanita muda Mahsa Amini, 22 tahun.

Menurut kementerian itu, elemen utama di balik kerusuhan itu sebagian besar adalah warga negara asing, anggota organisasi teroris anti-Iran Mujahedin-e-Khalq (MKO) yang bermarkas di Albania, dan para individu yang bekerja dengan kelompok teror kontra-revolusi Islam lain.

“Pada hari-hari terakhir, pasukan yang menjaga ketertiban dan keamanan negara telah menghadapi beragam kelompok seperti sekte, agen mata-mata asing serta keterlibatan langsung pemerintah Amerika dan Inggris, serta Saudi yang mengikuti mereka; dan para agen perusuh di jalanan,” ungkap kementerian itu dalam sebuah pernyataan, Jumat (30/9).

Kementerian Intelijen menyebutkan bahwa tak kurang dari 49 teroris MKO telah diringkus karena aktif menyebarkan berita palsu, menghasut para perusuh untuk mengorganisir aksi teror dan perusakan, mengarahkan slogan, dan hadir di jalan-jalan untuk merusak properti publik.

Selain itu, lanjutnya, diciduk pula 77 anggota kelompok teroris anti-Iran juga telah ditangkap di Wilayah Kurdistan Irak, dan lima anggota kelompok teroris takfiri bersama 36 kilogram bahan peledak yang akan digunakan untuk melakukan pengeboman.

Kementerian itu menambahkan bahwa 92 orang yang berafiliasi dengan eks-rezim Pahlevi yang didukung AS telah diidentifikasi dan ditangkap dalam kerusuhan tersebut, sementara sembilan warga negara Jerman, Polandia, Italia, Prancis, Belanda, dan Swedia, juga ditangkap selama kerusuhan.

Kementerian Intelijen Iran juga menyebutkan penyitaan sejumlah besar pistol, berbagai jenis senapan mesin dan peluru serta senapan dan amunisi. (mm/presstv)

Baca juga:

Serangan IRGC ke Basis Teroris Kurdi Bikin AS Gusar

[Video:] Pertama Kali, IRGC Tunjukkan Video Detail Gempuran Rudalnya ke Kurdistan Irak

DISKUSI: