Iran Tolak Mentah-Mentah Resolusi Dewan HAM PBB

0
70

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengecam gerakan terbaru anti-Iran dari pemerintah Jerman, dan menekankan bahwa Iran berkomitmen penuh terhadap HAM, namun tidak akan mengizinkan campur tangan asing dalam urusan dalam negerinya.

Amir-Abdollahian menyatakan demikian dalam serangkaian postingan Twitter, Kamis (24/11), beberapa jam setelah pertemuan Dewan HAM PBB (UNHRC), yang diminta diadakan oleh Jerman dan Islandia untuk membahas dugaan pelanggaran HAM dalam kerusuhan yang melanda Iran belakangan ini.

Dewan itu mengeluarkan resolusi anti-Iran, dan menyerukan pembentukan misi pencarian fakta internasional untuk menyelidiki reaksi Iran terhadap gelombang aksi protes pasca kematian Mahsa Amini.

Menanggapi hal ini, Amir-Abdollahian mengungkit fakta sejarah bahwa Jerman adalah penyedia utama senjata kimia untuk mantan diktator Irak, Saddam Hussein, dalam agresinya terhadap Iran pada dekade 1980-an, dan senjata ini kerap digunakan terhadap Iran.

“Sekarang, mereka menyalahgunakan mekanisme HAM untuk melakukan lebih banyak pelanggaran HAM, semuanya atas nama lelucon solidaritas dengan warga Iran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Bahkan lebih buruk dan lebih memalukan lagi, mereka melakukan ini untuk permainan domestik murahan. Iran, sebagai negara yang kuat dan stabil, berkomitmen penuh pada HAM, tapi tidak akan mengizinkan campur tangan asing dalam urusan internalnya.” (mm/presstv)

Baca juga:

Menlu Iran: Banyaknya Korban di Pihak Aparat dalam Kerusuhan Bukti Iran Patuhi HAM

Panglima IRGC: Akan Kami Tenggelamkan Siapapun yang Bermaksud Melanggar Keamanan Iran

DISKUSI: