Iran Siap Ganyang Kapal AS Jika Kapal Tankernya yang Berlayar ke Venezuela Dicegat

0
125

Pasukan IRGC beri peringatkan kapal perang AS di Teluk Persia

Teheran, LiputanIslam.com – Pasukan Iran siap menghadang kapal-kapal dagang Amerika Serikat (AS) di kawasan Teluk Persia jika pasukan AS mencegat kapal-kapal tanker minyak yang berlayar menuju Venezuela.

Media Iran Noor News yang dekat dengan pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) saat melaporkan kesiapan itu, Sabtu (13/6/2020), menyinggung sekitar 1.5 juta barel bahan bakar yang telah dikirim Iran ke Venezuela melalui lima kapal tanker pada bulan lalu.

Media ini kemudian menyebutkan bahwa Teheran akan melanjutkan kegiatan itu jika ada pesanan lagi dari Caracas, meskipun Washington menentang perdagangan Iran-Venezuela yang sama-sama dikenai sanksi oleh AS dan sekutunya.

Noor News melaporkan, “Setelah meningkatnya ancaman militer terhadap kapal-kapal Iran yang berlayarmenuju ke Venezuela, sebuah instruksi dikeluarkan kepada angkatan bersenjata Iran untuk mengidentifikasi dan melacak beberapa kapal komersial Amerika di Teluk Persia dan Teluk Oman.”

Baca: Sekjen PBB Laporkan Rudal yang Dipakai Untuk Menyerang Saudi Berasal dari Iran

Pada bulan lalu, selain mengajukan pengaduan kepada pada PBB, Iran juga memanggil duta besar Swiss untuk Iran di Teheran, yang mewakili kepentingan AS di Iran, ihwal kemungkinan AS melakukan tindakan terhadap tanker-tanker Iran.

Baca: Tanggapi Hook, Mousavi: AS akan Berlutut di Hadapan Bangsa Iran

Sebelumnya pada bulan yang sama, seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa AS, yang urung mencegat pengiriman kapal tanker Iran, mempertimbangkan kemungkinan menjatuhkan sanksi terhadap  puluhan lagi tanker minyak asing karena menjalin hubungan dengan Venezuela. (mm/amn)

DISKUSI: