Iran Bantah Laporan Media Saudi bahwa Rusia Minta Pasukan Iran Ditarik di Suriah

0
138

Teheran, LiputanIslam.com  Iran membantah laporan harian Asharq Al-Awsat milik Arab Saudi yang mengklaim bahwa Mosow telah mendesak Teheran agar menarik  pasukan Iran dari pangkalan-pangkalan militer di Suriah di tengah gelombang serangan Israel.

Surat kabar Asharq Al-Awsat Jumat lalu menerbitkan sebuah artikel yang mengklaim bahwa Rusia telah mendesak pasukan Iran menyingkir dari posisi-posisi militer di barat provinsi Hama, Suriah, serta dari posisi di Suriah tengah dan barat agar pasukan ini tak menjadi sasaran serangan Israel.

Nour News, yang berafiliasi dengan Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran (SNSC) Iran, Ahad (4/9), membantah klaim itu dengan  menyebutnya laporan “palsu” dan bahwa Moskow belum pernah membuat desakan demikian kepada Teheran.

Asharq Al-Awsat menyebutkan bahwa desakan Rusia itu terjadi setelah rezim Tel Aviv melakukan “beberapa” serangan udara terhadap Suriah, tapi Nour News menekankan bahwa “serangan Zionis dibesar-besarkan”.

“Pemalsuan berita semacam itu bertujuan meningkatkan moral sisa-sisa teroris takfiri di Suriah dan juga untuk mengesankan rezim Zionis sebagai (pemain) berpengaruh dalam perimbangan politik dan keamanan di kawasan ,” tambah Nour News, yang juga menekankan bahwa berita itu tidak didasarkan pada realitas lapangan di Suriah saat ini.

Nour News juga menyatakan bahwa Iran telah memberikan asistensi militer kepada Suriah adalah karena ada permintaan dari pemerintah Damaskus dengan tujuan memerangi terorisme.

“Kerjasama strategis antara Iran, Suriah dan Rusia dalam perang melawan terorisme di kawasan , terutama di Suriah, akan berlanjut dengan kuat,” ungkap Nour News.

Iran mempertahankan misi asistensinya di Suriah atas permintaan Damaskus dengan tujuan membantunya menumpas  militan proksi asing yang telah memerangi pemerintah Suriah sejak 2011.

Di pihak lain, Israel menjadi pendukung utama kelompok teroris dan telah menargetkan posisi-posisi penasihat militer Iran serta Tentara Suriah dan kelompok-kelompok perlawanan yang telah memerangi teroris. (mm/fna)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Pengikut Ahlul Bait Bangga Berdiri Tegak Melawan Imperialis Dunia

Israel Serang Bandara Aleppo “Menjelang Pendaratan Pesawat Iran”

DISKUSI: