Iran Nyatakan Pengayaan Uranium 20%  Berjalan Lebih Cepat dari Jadwal

0
85

Teheran, LiputanIslam.com –  Ketua Parlemen Iran Mohammad Baqer Qalibaf menyatakan bahwa pengayaan uranium dengan kemurnian 20%  di pabrik nuklir Fordow miliknya berjalan lebih cepat dari jadwal yang direncanakan.

Dalam kunjungannya ke Fordow Fuel Enrichment Plant (FFEP), Kamis (287/1), Qalibaf menyebutkan hal tersebut disertai penjelasan bahwa sesuai jadwal sedianya sebanyak 120 kg uranium akan diproduksi per tahun, tapi dalam perkembangannya ternyata lebih cepat karena FFEP mampu memperkaya 17 kg uranium dalam waktu sekitar satu bulan.

Mengenai pemasangan sentrifugal IR2M, dia mengatakan prosesnya sedang berlangsung, ada yang  sudah dipasang dan ada pula yang sedang dipasang.

Sementara itu Duta Besar dan Wakil Tetap Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina Kazem Gharibabadi memperingatkan tentang kemungkinan perubahan tingkat kerjasama antara Iran dan IAEA.

Pernyataan itu merupakan tanggapan atas persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah AS untuk kembali ke Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

“Kerjasama dan niat baik adalah jalan dua arah, bukan jalan satu arah. Undang-undang baru parlemen (Iran) juga telah memberikan kesempatan lain untuk mempertahankan kerjasama yang sangat mengesankan dan belum pernah terjadi sebelumnya dengan IAEA dengan menghapus sanksi,” ungkap Gharibabadi di halaman Twitter-nya, Kamis.

Dalam cuitan lain, dia mengimbau, “Mari berharap melihat peluang tidak akan terlewatkan dan kerja sama luar biasa tidak kembali seperti biasa.” (mm/irna)

Baca juga:

Menlu Iran Minta Sejawatnya di AS Belajar dari Kegagalan Trump

Wakil Iran di PBB: Tiap Ancaman Kami Balas dengan Keras

 

DISKUSI: