Iran Mengaku Tak Perlu lagi Mengimpor Peralatan Anti-Virus Corona

0
154

Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Presiden Iran bidang Sains dan Teknologi Sorena Sattari menyatakan negara ini sudah mandiri dalam produksi peralatan untuk mengatasi penyebaran virus corona (Covid-19).

“Sekarang, negara kami tidak perlu mengimpor peralatan untuk memerangi virus corona, dan semua kebutuhan negara ini dipenuhi secara pribumi,” ujar Sattari kepada wartawan di kota Bushehr, Iran selatan, Selasa (19/5/2020).

Dia menjelaskan bahwa Iran semula mengimpor sejumlah peralatan itu di hari-hari pertama wabah Covid-19, tapi kemudian mencapai swasembada dalam pembuatan peralatan rumah sakit dan ruang- ruang ICU berkat upaya perusahaan-perusahaan berbasis sains Iran.

Menurutnya, sebanyak delapan perusahaan berbasis sains Iran bahkan telah menerima izin yang diperlukan untuk ekspor kit diagnosis infeksi Covid-19.

Baca: Rouhani: Di Tengah Wabah Covid-19, Iran Tetap Peringati Hari Quds Internasional

Sattari awal bulan ini mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan berbasis sains Iran telah mengembangkan kemampuan sehingga mereka sekarang dapat mengekspor peralatan tambahan yang dibutuhkan untuk merawat pasien Covid-19.

Baca: Iran Tempati Rangking ke-3 Dalam Kesembuhan dari Covid-19

“Perusahaan-perusahaan berbasis pengetahuan Iran membuat ICU dan peralatan CCU, mesin CT-scan, kit diagnostik virus corona, desinfektan, dan 6 juta masker sehari,” terang Sattari.

Dia menambahkan bahwa jika Kementerian Kesehatan Iran mengeluarkan izin untuk mengekspor peralatan medis maka perusahaan-perusahaan itu dapat melakukannya. (mm/fna)

DISKUSI: