Iran Masih Rahasiakan Penyebab Kebakaran di Fasilitas Nuklirnya

0
109

Teheran, LiputanIslam.com – Juru Bicara Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran (SNSC) Keyvan Khosravi, Ahad (5/7/2020), menyatakan penyebab insiden ledakan dan kebakaran di fasilitas nuklir Natanz milik negara ini telah ditemukan, namun sejauh ini masih dirahasiakan karena alasan keamanan.

Dia menjelaskan bahwa para ahli Iran dari berbagai organisasi telah meninjau fasilitas itu segera setelah insiden itu terjadi pada Kamis pekan lalu, dan telah menentukan penyebab utama insiden itu, tapi akan diumumkan di kemudian hari.

Menurutnya, tidak ada bahan nuklir di tempat itu, dan dugaan adanya kebocoran bahan radioaktif juga telah dibantah.

Juru Bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi Kamis lalu menyatakan insiden yang terjadi di fasilitas nuklir Natanz tidak menyebabkan kerusakan besar, dan situs beroperasi seperti biasa.

Baca: Iran Ancam Serang Fasilitas Nuklir Israel

Dia juga menyebutkan bahwa insiden itu terjadi di salah satu gudang yang sedang dibangun di fasilitas nuklir Natanz.

“Salah satu gudang yang sedang dibangun di area terbuka fasilitas nuklir Natanz rusak pagi ini, dan penyelidikan atas kasus ini sedang berlangsung,” ujarnya.

Baca: Jenderal Iran Tanggapi Isu Serangan Cyber terhadap Fasilitas Nuklir Iran

Kamalvandi memastikan insiden ini tidak menjatuhkan korban, dan tidak pula mengganggu kegiatan fasilitas saat ini.

Pabrik Pengayaan Bahan Bakar Nuklir Natanz berada di area seluas 100.000 meter persegi, dibangun delapan meter di bawah tanah, dan merupakan satu di antara beberapa fasilitas Iran yang dipantau oleh pengawas nuklir PBB. (mm/fna)

DISKUSI: