Iran Gelar Latihan Tempur Rudal di Laut Oman

0
172

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Iran memulai “latihan rudal besar” di Laut Oman, Selasa (12/1), saat mereka terus memamerkan kekuatan militernya di kawasan Teluk Persia.

Latihan rudal itu dijadwalkan berlangsung di wilayah Kanark, provinsi Sistan va Baluchista, di bagian tenggara negara republik Islam ini.

Latihan tempur itu dilakukan antara lain dengan mengggunakan kapal perang Makran dan Zara, yang membawa peluncur rudal tangguh yang akan diuji selama manuver itu.

Armada Angkatan Laut Iran di Laut Oman menerima pengiriman kapal induk helikopter baru serta kapal perang peluncur rudal.

Korvet peluncur rudal buatan dalam negeri itu meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Laut di perairan selatan negara itu.

Peluncur rudal ‘Zereh’ adalah salah satu kapal tangguh Iran dengan kecepatan dan kemampuan manuver yang tinggi serta dilengkapi rudal otomatis dan artileri canggih.

Kapal itu dikategorikan dalam kapal perang peluncur roket kelas Paykan Iran, yang semua komponennya telah diproduksi oleh para ahli Angkatan Laut Iran, dan telah lulus semua uji pesisir dan maritimnya dan siap memulai misi.

Angkatan Laut Iran juga meluncurkan semi kapal induk ‘Makran’ yang telah dikembangkan oleh para ahli Angkatan Laut Iran.

Kapal perang itu bergabung dengan armada angkatan laut pantai selatan atas perintah Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Bagheri, Selasa.

Menurut Panglima Angkatan Laut Laksamana Muda Hossein Khanzadi, kapal-kapal lain di kelas yang sama akan diproduksi pada tahun-tahun mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadiran mereka di laut lepas untuk mengamankan rute kelautan dan melindungi kapal dari serangan bajak laut.

Pekan lalu, Iran juga menggelar latihan drone tempur dengan skala terbesar dalam sejarah Iran dengan melibatkan pasukan gabungan negara ini di wilayah Semnan di timur laut Iran dekat daerah perbatasan.

Dalam manuver itu tentara Iran menggunakan ratusan drone dari berbagai jenis, termasuk Muhajir, Ababil, Violin-12, Arch, Kayan, Pelican, Simorgh, Saiqa dan Hazem. (mm/mna)

Baca juga:

[Video]: Drone Kamikaze Iran Pecahkan Rekor Dunia

Iran Nyatakan Mudah Perkaya Uranium hingga 90%

DISKUSI: