Iran Dilanda Gelombang Demo Tandingan Anti-Perusuh

0
153

Teheran, LiputanIslam.com –  Berbagai kota dan daerah Iran, Kamis (21/11/2019), dilanda gelombang unjuk rasa tandingan berskala besar yang mengutuk aksi para perusuh yang terjadi beberapa waktu lalu saat terjadi unjuk rasa protes terhadap kenaikan harga bensin.

Di kota Syiraz massa demo tandingan meneriakkan yel-yel anti AS dan perusuh serta menegaskan penolakan keras mereka terhadap segala bentuk aksi pengacauan keamanan. Masa juga menyatakan dukungannya kepada upaya dan tindakan pihak berwenang dalam menjaga keamanan dan stabilitas di negara republik Islam ini.

Baca: Ayatullah Khamenei: Iran Kalahkan Musuh dalam Insiden Keamanan

Unjuk rasa tandingan juga mewarnai jalanan kota-kota Kerman, Yasuj, Qum, dan Isfahan di mana massa mengutuk keras campur tangan asing dalam urusan internal Iran, menyokong penegakan keamanan, dan menuntut tindakan tegas terhadap para perusuh.

Sementara itu, juru bicara pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Mayjen Ramezan Sharif menyatakan bahwa musuh Iran gagal menundukkan Iran melalui tekanan dan embargo ekonomi sehingga kemudian berupaya merongrong Iran dengan cara membangkitkan kerusuhan dan huru-hara, namun kehendak rakyat tidak memperkenankan upaya itu berlangsung lama.

Baca: Rouhani: Kerusuhan Teroganisir, Tapi Iran Dapat Mengatasi Krisis

“Rakyat Iran yang cerdas telah menyimak pernyataan pemimpin revolusi (Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei dan menjauhkan barisan mereka dari para perusuh. Dengan demikian kandaslah upaya musuh untuk mengacaukan keamanan dan ketertiban umum, dan para gembong provokator kerusuhan dan kekacaun di negara ini juga telah tertangkap,” ungkap Sharif. (mm/alalam)

DISKUSI: