Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan bahwa Iran dapat mengalahkan musuh-musuhnya dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi belakangan di negeri mullah ini.

Dalam pertemuan dengan kalangan pengusaha di Teheran, Selasa (19/11/2019), dia menegaskan, “Kawan dan lawan hendaknya mengetahui bahwa kami telah memukul mundur musuh di gelanggang perang militer, politik, dan keamanan.”

Dia menjelaskan, “Praktik yang terjadi dalam beberapa hari terakhir merupakan praktik yang mengusik keamanan, bukan berbasis kerakyatan, dan kami telah memukul mundur musuh di berbagai gelanggang. Dengan pertolongan Allah, kami akan mengalahkan musuh dengan telak di kancah perang ekonomi.”

Pernyataan ini terkait dengan gelombang aksi unjuk rasa dan kerusuhan yang melanda berbagai kota Iran setelah pemerintah menaikkan harga bensin.

Baca: Mengenai Unjuk Rasa Rusuh, Pemerintah Iran Pastikan Situasi Pulih Dalam Dua Hari

Ayatullah Khamenei menegaskan, “Perang ini terkadang diwarnai kebrutalan dan kedengkian, sebagaimana perang ekonomi yang dikobarkan terhadap kita. Embargo (AS) kian meningkat dan akan terus bertambah. Salah jika kita beranggapan bahwa embargo ini akan berakhir dalam jangka waktu satu atau dua tahun ke depan. Embargo ini akan bertahan sampai pemberitahuan selanjutnya.”

Baca: Kemenlu Sebut Amerika Hanya Inginkan Kekacauan di Iran

Dia lantas menekankan bahwa penyelesaian satu-satunya bagi problematika negara ini ialah penggalakan produksi dalam negeri.

Seperti diketahui, Iran dikenai sanksi dan embargo ekstra ketat oleh AS setelah Presiden AS Donald Trump pada tahun 2018 mengeluarkan negaranya dari perjanjian nuklir sejumlah negara dunia dengan Iran pada tahun 2015. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*