Iran Diduga Lancarkan Serangan Cyber terhadap Israel

0
248

Quds, LiputanIslam.com –  Kabinet keamanan tingkat tinggi Israel pada pekan ini mengadakan rapat untuk pertama kali dalam beberapa bulan terakhir dengan agenda membahas terutama serangan cyber yang diduga dilakukan oleh Iran belakangan ini.

Mengutip pernyataan pejabat senior anonim, saluran berita Channel 13 milik Israel melaporkan bahwa serangan pada akhir April itu dipandang sebagai eskalasi signifikan Iran dan menerobos garis merah karena menyasar infrastruktur sipil.

“Ini adalah serangan yang bertentangan dengan semua kode etik perang, yang bahkan dari Iranpun kami tidak mengharapkan sesuatu seperti ini, “ujar pejabat itu.

Para pejabat Israel mengatakan serangan itu menimbulkan kerusakan minimal pada infrastruktur air, meskipun masalah ini dilaporkan di beberapa fasilitas di dewan lokal.

Fox News Kamis lalu melaporkan bahwa Iran berada di belakang serangan tersebut, dengan peretas yang menggunakan server Amerika dalam melakukan pelanggaran.

Baca: Pandemi Covid-19, Iran Umumkan Tahun ini Tak Ada Penyelenggaraan Pawai Hari Quds

Seorang pejabat senior Kementerian Energi AS mengatakan kepada Fox News bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump berkomitmen melindungi sekutu AS dari serangan cyber, tapi tidak akan mengomentari insiden khusus tersebut, dan penyelidikanpun masih berlangsung.

Tidak ada konfirmasi resmi oleh para pejabat Israel atau AS untuk laporan tersebut.

Baca: Iran Dikabarkan Terlibat Negosiasi “Luar Biasa” dengan AS

Channel 13 menyebutkan bahwa Israel sekarang mempertimbangkan pembalasan terhadap Iran. , dan menteri yang ikut serta dalam rapat kabinet keamanan pada Kamis lalu itu harus menandatangani beberapa formulir kerahasiaan. (mm/raialyoum)

DISKUSI: