Iran Desain Alat untuk Diagnosa Covid-19 dalam Tempo 55 Menit, Inggris, Spanyol, dan Turki Ajukan Order

0
146

Teheran, LiputanIslam.com –   Peneliti Iran di Universitas Teknologi Amir Kabir telah mengembangkan kit baru yang dapat mendiagnosis virus corona (Covid-19)  dalam waktu 55 menit.

“Kami telah menghasilkan kit molekuler dengan penerapan metode PCR real-time yang dapat melacak virus dalam lendir pasien dalam waktu minimum 55 menit dan jumlah virus terendah (dalam air liur pasien),” ungkap Esmayeelzadeh, direktur utama sebuah perusahaan berbasis pengetahuan yang berafiliasi dengan Universitas Amir Kabir, Ahad (30/5/2020).

Dia menambahkan bahwa akurasi kit itu mencapai 2,5 hingga 10 kali lebih banyak daripada kit yang diimpor dari luar negeri.

Esmayeelzadeh mengatakan bahwa beberapa negara, termasuk Azerbaijan, Turki, Rumania, Spanyol dan Inggris telah mengajukan permohonan pembelian kit tersebut.

Pada 10 Mei, Wakil kepala kantor kepresidenan Iran untuk urusan sains Mehdi Qalenoyee mengatakan bahwa perusahaan Iran akan mengekspor alat uji serologis ke delapan negara lagi setelah kargo pertama berhasil dikirim ke Jerman pada awal pekan lalu.

Baca: Iran Mengaku Tak Perlu lagi Mengimpor Peralatan Anti-Virus Corona

Qalenoyee mengatakan ekspor dua jenis alat tes Covid-19 ke Filipina dan Pakistan sedang menunggu konfirmasi dari pejabat setempat setelah perusahaan Iran yang memproduksi alat khusus mengirim sampel alat itu ke laboratorium di negara-negara tersebut.

Baca: Iran Tempati Rangking ke-3 Dalam Kesembuhan dari Covid-19

Dia menambahkan bahwa India, Nigeria dan Armenia akan menerima barang itu setelah pembatasan perjalanan dilonggarkan.

Pejabat itu juga mengatakan bahwa Qatar, Georgia dan Suriah akan segera dimasukkan dalam daftar tujuan ekspor untuk alat test Covid-19 buatan Iran. (mm/fna)

DISKUSI: