Iran Demonstrasikan Sistem Pertahanan Udara Baru Buatannya

0
129

Teheran, LiputanIslam.com –   Iran kini menjadi lebih aman. Sistem pertahanan udara canggih “15 Khordad” yang dibuat oleh para ahli dan ilmuwan di Badan Industri Dirgantara Kementerian Pertahanan Iran telah dipertunjukkan dan diserahkan kepada Angkatan Udara. Demikian dilaporkan oleh televisi pemerintah Iran.

Menteri Pertahanan dan Logistik Iran Amir Hatami dalam sebuah seremoni, Ahad (9/6/2019), telah merespon pernyataan seorang anggota parlemen AS bahwa foto-foto rudal dan jet tempur Iran tidaklah faktual, melainkan hasil rekayasa aplikasi Photoshop.

Sembari menyebutnya sebagai pernyataan konyol, Menteri Pertahanan Iran menegaskan bahwa sistem pertahanan udara “15 Khordad” merupakan respon telak terhadap AS.

Baca: Klaim Rudal Iran Hasil Photoshop, Statemen Hook Disebut Kontradiktif

Sistem ini merupakan hasil prestasi besar Iran dengan kualitas yang tergolong unggul di dunia.  Sistem ini dalam satu saat sanggup memberikan respon telak terhadap segala bentuk rudal dan pesawat udara.

Sistem pertahanan udara canggih “15 Khordad” yang dilengkapi teknologi mutakhir dan efektif ini dapat mendeteksi dan membidik enam sasaran dalam satu tempo.

Baca: Idul Fitri, Ayatullah Khamenei Tegaskan Kesolidan Iran Melawan Imperialis Dunia

“Ini merupakan sistem yang sepenuhnya taktis dan pintar serta terdiri atas setidaknya dua kendaraan yang satu diantaranya membawa radar reseptor dan pengendali, dan yang lain membawa peluncur rudal,” ungkap Amir Hatami.

Sistem pertahanan udara “15 Khordad” berkemampuan mendeteksi dan membidik sasaran semisal jet dan drone tempur.

“Sistem ini berjarak jelajah sekira 75 kilometer pada ketinggian hingga 27 kilometer,” imbuh Amir Hatami.

Produk ini dilengkapi radar canggih dan peluncur secara terpisah serta menggunakan rudal Sayyad 3 dalam menembak sasaran, serta dapat segera dioperasikan dalam tempo kurang dari 5 menit.

Baca: Rouhani Kepada Qatar: Musuh Akan Menyesal Jika Menyerang Iran

Sistem pertahanan udara canggih “15 Khordad” diproduksi secara massal dan sekarang diserahkan kepada pasukan pertahanan udara Angkatan Bersenjata Iran.

“Kita dapat bertanding dengan semua senjata yang sekelas ini di dunia, segala puji bagi Allah, dan kini sudah mulai dioperasikan,” seorang petinggi militer Iran.

Sistem ini dibuat oleh para ahli di Badan Industri Dirgantara Kementerian Pertahanan Iran, dan desain dan perbuatannya memakan waktu sekira 5 bulan. (mm/simanews/alalam)

DISKUSI: