Rouhani Kepada Qatar: Musuh Akan Menyesal Jika Menyerang Iran

0
93

Teheran, LiputanIslam.com –   Presiden Iran Hassan Rouhani dalam kontak telefon dengan Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani, Rabu (5/6/2019), menyatakan Iran tidak ingin terlibat konflik dengan negara manapun tapi siap untuk bereaksi keras terhadap musuh yang menyerang.

Rohani menjelaskan bahwa Teheran memiliki kebijakan pengembangan hubungan dengan Doha, dan menekankan bahwa Iran berusaha membangun keamanan di kawasan sehingga tidak berkeinginan untuk terlibat konflik dengan negara-negara dan kekuatan-kekuatan besar.

“Tapi akan menanggapi sengit setiap tindakan tak bertanggung jawab musuh-musuh dan akan membuat mereka menyesali apa yang mungkin mereka lakukan terhadap Iran,” lanjutnya.

Presiden Iran menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H kepada Emir Qatar sembari menyebutkan bahwa pemerintah dan rakyat Iran mendukung Qatar, dan menekankan bahwa tidak ada solusi militer untuk urusan dan masalah regional.

“Kami percaya bahwa ancaman, tekanan, blokade dan sanksi ekonomi adalah jalur yang salah dalam hubungan antarnegara,” ujarnya.

Presiden Iran menyambut baik sikap pemerintah Qatar di dua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) darurat Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Liga Arab di Mekah pada 30 Mei lalu.

Baca: Idul Fitri, Ayatullah Khamenei Tegaskan Kesolidan Iran Melawan Imperialis Dunia

Rouhani mengatakan, “Sikap pemerintah Qatar pada dua pertemuan puncak ini berpangkal pada kebijakan bertetangga yang baik dan mengarah pada pengurangan ketegangan, dan tidak diragukan bahwa KTT apa pun yang tidak berkontribusi dalam pendekatan antarnegara kawasan tidak akan bermanfaat dan konstruktif.”

Dia juga mengatakan, “Kami percaya bahwa kami harus memilih jalur yang melayani masyarakat di kawasan dan tidak dipengaruhi oleh kekuatan asing. Apa yang kami lihat dari kebijakan Arab Saudi dan Uni Emriat Arab (UEA) terhadap Yaman dan Qatar, dan hubungan mereka yang salah dengan Iran, membahayakan seluruh wilayah.”

Baca: Kekuatan Rudal Iran Bikin USS Lincoln Gentar Memasuki Teluk Persia

Di pihak lain, Emir Qatar membalas ucapan selamat hari raya kepada pemerintah dan rakyat Iran sembari menyebutkan kedekatan sikap antara Teheran dan Doha dalam banyak masalah regional, dan bahwa ada kontak terus menerus dan sangat konstruktif antara kedua negara.

Tamim bin Hamad al-Thani menekankan bahwa dialog adalah satu-satunya cara untuk mengurangi ketegangan.

“Kami mendukung inisiatif Emir Kuwait untuk mengurangi ketegangan di kawasan ini,” imbuhnya.

Emir Qatar juga mengapresiasi sikap Teheran terhadap blokade yang diterapkan Saudi dan sekutunya terhadap Qatar. Dia menekankan bahwa Doha tidak akan melupakan posisi Iran dalam hal ini, dan berharap dapat mengembangkan hubungannya dengan Iran di semua bidang. (mm/raialyoum)

DISKUSI: