Iran dan Arab Saudi Rundingkan Pembukaan Kedubes Kedua Negara

0
234

Baghdad, LiputanIslam.com –  Dubes Iran untuk Irak di Baghdad, Iraj Masjedi, menyatakan bahwa perundingan antara Iran dan Saudi menyentuh masalah pembukaan kembali kedubes antara kedua negara.

“Beberapa putaran perundingan antara Iran dan Saudi telah diselenggarakan di Irak, namun berhenti untuk sementara waktu karena terjadi peralihan kekuasaan di Iran,” ungkap Masjedi kepada Al-Alam, Ahad (15/8).

Dia menambahkan, “Perundingan itu menjangkau pembukaan kedubes kedua negara, dan kami berharap akan tercapai hasil-hasil positif dalam putaran-putaran yang akan datang.”

Mengenai keamanan regional, Masjedi mengatakan, “Negara-negara kawasan harus siap mengemban tanggungjawab menjamin perlindungan yang cukup bagi keamanan regionalnya menyusul penarikan pasukan AS.”

Dia juga menegaskan bahwa Teheran secara terbuka menolak keberadaan AS di kawasan, terutama Irak.

Sebelumnya, Presiden Irak Barham Salih menyatakan bahwa Baghdad belakangan ini telah beberapa kali menjadi tuan rumah dialog antara Saudi dan Iran.

Jubir Kemlu Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan Teheran siap mengadakan perundingan dengan Saudi di semua level. (mm/alalam)

Baca juga:

Menlu Israel Cemaskan Kedekatan Iran dan Aljazair

Yaman akan Bergandengan Tangan dengan Iran Atasi Masalah Umat Muslim

DISKUSI: