Iran Beritahu IAEA Penangguhan Tindakan Sukarelanya untuk JCPOA

0
140

Wina, LiputanIslam.com –  Iran telah memberi tahu Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)  penangguhan tindakan sukarelanya terkait dengan kesepakatan nuklir Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA).

Kazem Gharibabadi, wakil tetap Iran untuk Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) di Wina, Swiss, Senin (15/2), menyatakan Teheran  telah memberi tahu Direktur Jenderal IAEA Rafael Mariano Grossi penangguhan tersebut, yang akan diterapkan per 23 Februari 2021.

Dia menyebutkan bahwa tindakan itu diambil sesuai Rencana Aksi Strategis yang disetujui oleh parlemen Iran, dan karena kurangnya komitmen dari pihak-pihak lain dalam JCPOA untuk pencabutan sanksi terhadap Iran.

“Dalam surat itu  kami meminta badan ini agar mengambil tindakan yang diperlukan secepat mungkin untuk mengimplementasikan permintaan Iran untuk penghentian berbagai tindakan sukarela, termasuk penerapan Protokol Tambahan,” ujarnya.

Gharibabadi menambahkan bahwa kerja sama antara Iran dan IAEA akan terus berlanjut semata-mata atas dasar komitmen pengamanan sampai sanksi itu dicabut. (mm/mna)

Baca juga:

Isu Nuklir Iran Makin Panas, Ayatullah Khamenei Surati Vladimir Putin

Iran akan Ungkap 50-an Pencapaian Nuklirnya

DISKUSI: