Iran Bantah Pasukannya Ceburkan Imigran Afghanistan ke Sungai

0
178

Teheran, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri Iran mengecam tuduhan Washington terhadap Teheran terkait dengan sebuah insiden mengerikan yang terjadi di Afghanistan, menyebutnya “lelucon pahit”, dan balik menuding AS sebagai penjahat perang di Afghanistan.

“Iran menjalin hubungan erat dengan Afghanistan dan mengupayakan jalan untuk membantu para pemimpin Afghanistan dalam menggalang pemerintahan inklusif. Apa yang terjadi pada warga Afghanistan di Herat adalah tragis dan tidak ada hubungannya dengan Iran, tapi tuduhan rezim AS terhadap Iran adalah lelucon pahit, ” Kementerian Luar Negeri Iran di halaman resmi Twitter-nya pada Selasa malam (5/5/2020).

“Rezim ini (AS) adalah penjahat perang di Afghanistan dan negara sponsor terorisme di seluruh dunia,” tambahnya.

Sebuah video yang dinilai Iran “mencurigakan” telah viral dan diklaim sebagai rekaman sebuah peristiwa di mana bahwa sekitar 50 warga Afghanistan yang memasuki Iran secara ilegal ditangkap dan dilemparkan ke sungai oleh penjaga perbatasan Iran sehingga beberapa orang di antaranya tewas.

Biro Departemen Luar Negeri AS dan Asia Tengah (SCA) Kementerian Luar Negeri AS di halaman Twitter-nya menyatakan, “Perlakuan kejam dan penyiksaan Iran terhadap para imigran terduga Afghanistan dalam laporan-laporan ini mengerikan. Kami mendukung seruan penyelidikan secara menyeluruh. Mereka yang dinyatakan bersalah atas pelecehan semacam itu harus bertanggung jawab ”.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi menyatakan peristiwa yang menimpa warga Afghanistan itu terjadi di wilayah Afghanistan sendiri, dan pasukan penjaga perbatasan Iran menepis adanya kejadian demikian di Iran.

Media Afghanistan merilis berita mengenai insiden yang menimpa warga Afghanistan yang dilaporkan hendak memasuki wilayah Iran secara ilegal melalui sungai Harirud di daerah perbatasan.

Mousavi lantas menolak tuduhan yang berkembang, dan mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban.

Baca: Taliban Ledakkan Bom Mobil, Belasan Tentara Afghanistan Tewas

Kementerian Luar Negeri Afghanistan menyatakan pihaknya telah menugaskan sebuah delegasi untuk membahas tuduhan media Afghanistan terkait dengan tewasnya sejumlah imigran Afghanistan di Sungai Harirud.

Unit penjaga perbatasan Iran juga menolak tuduhan itu dengan mengatakan warga negara Afghanistan itu tidak berada di wilayah Iran. (mm/fna)

DISKUSI: