Taliban Ledakkan Bom Mobil, Belasan Tentara Afghanistan Tewas

0
155

Kabul, LiputanIslam.com – Kelompok militan Taliban meledakkan bom mobil di dekat pos perumahan anggota Direktorat Keamanan Nasional (NDS) dan Angkatan Darat di provinsi Helman, Afghanistan.

Juru bicara gubernur provinsi Helmand, Omar Zwak, menyatakan serangan itu terjadi pada Minggu malam di daerah Nahr-i-Saraj, Helman.

Sebuah laporan menyebutkan sedikitnya lima tentara telah tewas dan lima lainnya cedera di antara sekitar 150 anggota tentara dan pasukan intelijen yang ada di lokasi tersebut.

Namun, laporan lain mengutip pernyataan seorang perwira intelijen yang selamat dari serangan itu, yang mengaku telah membantu mengevakuasi setidaknya 18 mayat dari bawah reruntuhan yang disebabkan oleh ledakan itu.

Kementerian Pertahanan Afghanistan menyatakan pengemudi bom mobil telah terdeteksi dan ditembak oleh para penjaga sebelum mencapai gedung, dan pengemudi itu meledakkan bom itu di luar target pos Yakhchal.

Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

“Puluhan anggota pasukan musuh telah terbunuh dan terluka dalam serangan itu,” kata Qari Yousuf Ahmedi, juru bicara Taliban, yang terkenal karena pernyataan-pernyataannya yang cenderung berlebihan.

Pasukan pemerintah Afghanistan dalam dua bulan terakhir telah menderita jatuhnya banyak korban di berbagai penjuru negara ini akibat meningkatnya serangan Taliban. (mm/presstv)

DISKUSI: