Iran Bantah Kontak Senjata IRGC dengan Taliban di Perbatasan

0
251

Teheran, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber keamanan Iran membantah kabar adanya kontak senjata antara Taliban dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di perbatasan Iran-Afghanistan.

Dikutip Rai Al-Youm, Ahad (15/8), sumber-sumber anonim itu menyebutkan bahwa ada anggota Taliban yang salah masuk ke wilayah Iran sehingga ditangkap tapi kemudian diserahkan kepada pihak Afghanistan.

Menurut sumber-sumber itu, pos perbatasan yang menjadi lokasi peristiwa tersebut maupun semua pos perbatasan lain antara Iran dan Adfganistan berada dalam kondisi “sepenuhnya aman”.

Sebelumnya, Jubir Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepada kantor berita Tasnim, “Kami pastikan kepada otoritas Iran bahwa tak akan ada ancaman apapun bagi wilayahnya.”

Jumat lalu Teheran menyerukan kepada segenap pihak terkait untuk menjamin keamanan konsulatnya di Herat yang berjarak kurang dari 150 km dari perbatasan timur Iran, setelah kota itu jatuh ke tangan Talibanon. Teheran juga menegaskan pihaknya masih berkomunikasi dengan para diplomat dan staf di konsulat tersebut.

Iran sudah lama menampung sebanyak hampir 3.5 juta pengungsi Afghanistan, menurut catatan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Dalam beberapa bulan lalu Iran berulang kali menyerukan solusi politik untuk krisis Afghanistan. Pada Juli lalu Teheran menjadi tuan rumah pertemuan pemerintah Afghanistan dan gerakan Taliban, dan menyerukan kepada mereka untuk mengambil “keputusan-keputusan sulit” demi masa depan Afghanistan.

Ahad kemarin Menlu Iran Mohammad Javad Zarif di Twitter menegaskan lagi bahwa “kekerasan dan perang, sebagaimana pendudukan, sama sekali tak akan pernah dapat menyelesaikan problematika Afghanistan.” (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Kuasai Kabul, Taliban Nyatakan Perang di Afghanistan Sudah Berakhir

Kemlu Iran Jelaskan Kondisi Perwakilannya di Afghanistan

DISKUSI: