Iran akan Kirim Kapal Destroyer Alvand untuk Misi Laut Jarak Jauh Pertama Kali

0
200

Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan Angkatan Laut Laut (AL) Angkatan Bersenjata Iran Laksamana Muda Shahram Irani mengatakan bahwa kapal perusak Alvand akan segera dikirim untuk misi laut jarak jauh perdananya.

Kepada wartawan di sela-sela upacara penambahan empat kapal dan peralatan maritim ke armada AL, Laksamana Muda Shahram Irani, Komandan AL Iran, Ahad (19/12), mengatakan bahwa penambahan kapal selam Al-Sabehat-15 , kapal perusak Alvand, dua helikopter SH3D-316, Fokker F27 Friendship dan BH7 Hovercraft akan meningkatkan kekuatan tempur AL Iran.

Dia juga mengatakan bahwa kapal perusak Alvand akan segera dikirim ke misi laut jarak jauh pertama yang merupakan misi gabungan, akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan, dan akan kembali ke Iran sesuai jadwal dengan kekuatan dan kemampuan maksimal.

Iran juga menyinggung rencana pembuatan Kapal Perusak “Talaeiyeh” dan menyatakan bahwa rencana pembuatan kapal ini telah mendapat kemajuan fisik yang sesuai, dan kapal ini bahkan telah berlabuh di dermaga Angkatan Laut di Bandar Abbas, provinsi Hormozgan.

Dia mengatakan, “Kami berusaha agar kapal perusak ini bergabung dengan badan operasional Angkatan Laut tahun depan, 1401, (kalender Iran mulai 21 Maret 2022) dan misi operasional telah ditetapkan untuk itu.”

Shahram Irani melanjutkan bahwa pembangunan kapal perusak kelas “Jamaran” berlangsung bersamaan dengan Talaeiyeh. Menurutnya, perbedaan antara Talaeiyeh dan Jamaran ialah bahwa hanggar helikopter telah ditambahkan pada Talaeiyeh sehingga memiliki lebih banyak helikopter di geladaknya.

Dia menjelaskan bahwa dalam pembangunan kapal perusak tersebut dilakukan dengan memanfaatkan besarnya kapasitas  dan kemampuan perusahaan berbasis sains Iran.

Dia juga menyebutkan bahwa kapal selam kelas “Fateh” juga sedang dibangun dan prototipe pertamanya telah memasuki badan operasional Angkatan Laut Angkatan Darat Iran serta menyelesaikan misi operasional pertamanya dalam Latihan Militer  Zolfagher 1400, sementara kapal-kapal selam lainnya secara bertahap akan dibangun dan ditambahkan ke armada AL. (mm/mna)

Baca juga:

Teheran Bantah Berselisih Paham dengan Sanaa

Bagheri Kani: Eropa Menyetujui Perspektif Iran sebagai Dasar Pembicaraan Nuklir

DISKUSI: