Insiden Aramco Hilangkan Kepercayaan Keluarga Dinasti al-Saud kepada Bin Salman

0
153

Riyadh, LiputanIslam.com –  Serangan drone dan rudal Yaman yang menerjang dua komplek kilang minyak Aramco milik Arab Saudi membuat Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman (mbS) kehilangan kepercayaan dari sebagian anggota keluarga kerajaan ini. Demikian dilaporkan kantor berita Reuters, seperti dikutip Press TV, Rabu (2/10/2019).

Disebutkan bahwa seorang diplomat asing senior dan lima sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan Saudi, yang semuanya meminta identitasnya dirahasiakan, menyatakan bahwa serangan rudal dan drone itu telah memicu kemarahan beberapa anggota terkemuka keluarga Al-Saud serta sejumlah elit lain yang selama ini menjadi lingkaran yang membela Bin Salman dalam menjalankan kebijakan luar negeri agresif terhadap Iran.

“Ada banyak kebencian (ihwal kepemimpinan MbS). Bagaimana mereka tidak dapat mendeteksi serangan itu?” kata salah satu sumber.

Baca: Ansarullah: Tragedi Aramco Jilid II akan Terjadi

Sumber itu menambahkan bahwa beberapa orang dalam lingkaran elit itu  “tidak percaya ” kepada MbS. Pernyataan yang sama juga diungkapkan oleh sumber-sumber lain.

Baca: Bin Salman Akui Akan ‘Peluk’ Israel Jika AS Membantunya Kuasai Timur Tengah

Serangan itu sendiri terjadi pada 14 September lalu hingga menimbulkan kebakaran hebat pada kilang-kilang minyak Saudi di daerah Abqaiq dan Khuraish serta melumpuhkan lebih dari separuh volume produksi minyak Saudi. (mm/presstv)

DISKUSI: