Inna Lillahi, 40-an Orang Tewas Akibat Ledakan Bom Mobil di Suriah

0
424

Afrin, LiputanIslam.com – Puluhan orang tewas akibat ledakan truk tanki berisi bahan peledak di kota Afrin, Suriah, dan korban diperkirakan masih akan bertambah.

Aljazeera, Rabu (29/4/2020), melaporkan bahwa sedikitnya 46 warga sipil tewas, 11 di antaranya anak kecil, dan 50 orang lainnya terluka dalam insiden yang terjadi di wilayah utara Suriah yang dikendalikan oleh pasukan Turki sejak lebih dari dua tahun lalu.

Kementerian Pertahanan Turki menyebut ledakan itu sebagai serangan milisi Kurdi Suriah Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Ledakan terjadi di sebuah pasar pada hari Selasa lalu dan tercatat sebagai salah satu peristiwa paling mematikan di kawasan yang dikendalikan oleh militan yang didukung Turki.

Baca: Dua Tentara AS di Suriah “Menghilang” Setelah Mobil Militernya Terkena Serangan

Ankara sering menyalahkan YPG atas serangan seperti itu, sementara YPG menyatakan tidak menyerang warga sipil.

“Musuh kemanusiaan PKK/YPG sekali lagi menyerang warga sipil tak berdosa di Afrin,” tuding kementerian Pertahanan Turki di Twitter.

Baca: Tiga Warga Sipil Tewas Terkena Serangan Terbaru Israel ke Suriah

Rami Abdul Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, melaporkan sedikitnya 46 orang tewas, termasuk minimal enam militan Suriah pro-Turki, dan 50 lainnya terluka dengan kondisi beberapa di antaranya kritis sehingga jumlah korban tewas berkemungkinan meningkat. (mm/aljazeera)

DISKUSI: