Imam Jumat Syiah Kandahar Minta Rakyat Tak Khawatir atas Berkuasanya Taliban

0
343

Hujjatul Islam Tahiri

Kandahar, LiputanIslam.com –  Imam Jumat Muslim Syiah Kandahar Hujjatul Islam Tahiri mengimbau kepada rakyat Afghanistan tidak khawatir terhadap kekuasaan Taliban karena  keamanan negara ini, menurutnya, akan terjamin dengan berkuasanya Taliban.

Tahiri menyatakan masyarakat tak perlu mengungsi dan berusaha keluar dari Afghanistan lantaran Taliban berkuasa.

“Perlu saya katakan bahwa prinsip kehidupan justru akan bermula sejak sekarang. Kita telah menjalani hidup 20 tahun, namun sungguh ini bukanlah kehidupan yang hakiki, sebab kehidupan yang baik adalah hidup yang aman,” ungkapnya.

Mengenai keluarnya para pejabat pemerintah dari Afghanistan setelah Taliban mengendalikan negara ini, Tahiri mengatakan, “Maling-maling telah pergi, semua bagian negara ini semula penuh dengan maling.”

Dia menceritakan bahwa di masa pemerintahan Afghanistan sebelumnya ketika ada warga yang atap rumahnya bocor lalu ingin memperbaikinya maka bahkan akan ada pegawai pemerintah yang datang untuk melalukan pungli atas perbaikan itu, dan bahwa untuk mendapatkan tanda tangan dalam pengurusan sertifikat diharuskan membayar sebesar jutaan Afghani.

“Selanjutnya tidak akan ada hal-hal seperti ini,” imbuhnya.

Menurut Tahiri, dengan jatuhnya pemerintahan sebelumnya, “praktik suap dan pemaksaan sudah berakhir, selanjutnya rakyat akan hidup aman dan tentram, urusan mereka juga akan lebih baik.”

Kepada masyarakat dia mengimbau, “Alhasil, katakanlah kepada semua orang yang beriman bahwa waspadalah untuk tidak berkelana dari pintu ke pintu dan mengungsi. Tak usah bertolak ke negara lain, jangan menjadi mengungsi karena pengungsian adalah pekerjaan berat.” (mm/tasnim)

Baca juga:

Dewan Ulama Syiah Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Pemerintahan Taliban dengan Syarat

Presiden Iran: Afghanistan Berkesempatan Mencari Model Pemerintahan yang Diterima Khalayak

 

DISKUSI: