Helikopter dan Drone Israel Gempur Suriah, Satu Aktivis Pro-Hizbullah Gugur

0
5

Beirut, LiputanIslam.com –  Televisi Suriah, Kamis (27/2/2020), melaporkan bahwa beberapa helikopter Israel dari arah Dataran Tinggi Golan telah menyerang beberapa titik posisi Pasukan Arab Suriah (SAA) di daerah Qahtaniyeh, Huriyeh, dan Quneitra hingga melukai tiga anggota SAA.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan, “Helikopter-helikopter rezim pendudukan, Israel, melepaskan rudal dari angkasa daerah pendudukan Golan ke posisi-posisi tentara di Qahtaniyeh, Huriyeh, dan kota Quneitra yang telah dibebaskan, menyebabkan tiga tentara menderita luka ringan.”

Bersamaan dengan ini, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), melaporkan bahwa satu warga Suriah aktivis pendukung Hizbullah Libanon gugur terkena serangan pesawat nirawak Israel yang menyasar mobilnya di Suriah selatan.

“Pesawat nirawak Israel telah menyerang sebuah mobil di gerbang selatan distrik Hidir, Provinsi Quneitra, hingga menewaskan pengemudinya yang merupakan anggota Resistensi Suriah untuk Pembebasan Golan,” ungkap Direktur Eksekutif SOHR, Rami Abdulrahman kepada AFP, Kamis.

Resistensi Suriah untuk Pembebasan Golan adalah gerakan yang dipelopori oleh Hizbullah sekitar enam tahun silam untuk melancarkan operasi serangan anti-Israel di Dataran Tinggi Golan. Kelompok ini pernah dipimpin oleh salah tokoh Hizbullah Samir al-Qintar, yang gugur dibom Israel dekat Damaskus, ibu kota Suriah, pada akhir tahun 2015.

Baca: Perang Idlib, 34 Tentara Turki dan 58 Militan Tewas Digempur Pasukan Suriah dan Rusia

Sumber di lapangan mengatakan kepada AFP bahwa korban yang kemarin gugur diserang nirawak Israel itu bernama Imad al-Tawil, warga distrik Hidir, yang meskipun tidak memegang jabatan apapun di Hizbullah namun gencar menyokongnya dan sering berkomunikasi dengan kelompok pejuang yang berbasis di Libanon ini.

Baca: AS Cantumkan Sekjen Brigade Hizbullah Irak dalam Daftar Teroris

SANA juga melaporkan kejadian ini namun tanpa disertai keterangan detail, sementara Israel tidak atau belum berkomentar tentang ini. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: