Heboh Pelecehan Seksual, Israel Pulangkan Dubesnya untuk Maroko

0
246

TelAviv, LiputanIslam.com  Rezim Zionis Israel menarik pulang duta besarnya untuk Maroko, David Govrin, atas tuduhan pelecehan seksual dan korupsi, sebagaimana dilaporkan media Israel.

Kepada surat kabar Israel Yedioth Ahronoth (YA), Selasa (6/9), Kemlu Israel mengatakan, “Duta besar untuk Maroko (ditarik pulang) atas tuduhan pelecehan seksual, pelecehan dan korupsi”.

Govrin, 58 tahun, adalah penutur bahasa Arab yang fasih dan sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Mesir dari 2016 hingga Agustus 2020.

Menurut YA, Govrin akan tetap berada di Israel sambil menunggu penyelidikan kementerian atas tuduhan terhadapnya.

Badan penyiaran Israel KAN melaporkan bahwa otoritas Israel sedang “menyelidiki pengaduan atas dugaan tindakan yang dilakukan pada perwakilan Israel di Maroko”.

KAN juga menyinggung “cerita aneh lainnya tentang pengusaha Sami Cohen yang secara resmi menyelenggarakan kegiatan untuk pejabat senior Israel” di Maroko.

Menurut laporan media, pengusaha itu diduga mengatur pertemuan untuk pejabat senior Israel dengan perwakilan resmi Maroko, padahal dia tidak memegang posisi resmi apa pun.

Menurut The Times of Israel, Kemlu Israel juga sedang menyelidiki pencurian “hadiah berharga” dari Pengadilan Kerajaan Maroko dalam perayaan ulang tahun berdirinya Israel.

Hadiah yang seharusnya didaftarkan dan diserahkan kepada Rezim Zionis itu disinyalir hilang tanpa catatan.

Pengaduan yang paling serius adalah bahwa “seorang pejabat senior Israel” di misi tersebut telah melakukan eksploitasi seksual terhadap beberapa wanita lokal, hal yang dapat menyebabkan insiden diplomatik yang parah dengan Maroko. Ada juga pengaduan pelecehan seksual di dalam misi itu.

Maroko adalah negara Arab ketiga yang menormalisasi hubungan dengan Israel di bawah kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat pada tahun 2020, menyusul Uni Emirat Arab dan Bahrain. Sebagai imbalannya, AS di masa kepresidenan Presiden Donald Trump mendukung klaim Maroko atas kawasan Sahara Barat. (mm/ra)

Baca juga:

Diserang Israel lagi, Bandara Aleppo Suriah Lumpuh

Tepi Barat Disebut sebagai Ancaman Baru untuk Israel

DISKUSI: