Hari Quds, Peretas Iran dan Israel Saling Gempur

0
56

Beirut, LiputanIslam.com –   Sejumlah website Israel dilaporkan terganggu oleh serangan yang diduga dilakukan oleh para peretas Iran pada momen peringatan Hari Quds Internasional, sementara pihak Iran juga mengaku mendapat serangan cyber dari Israel.

Situs berita Makan yang berbasis di Israel (Palestina pendudukan 1948), Kamis (21/5/2020), melaporkan bahwa telah “ditemukan bahwa para perompak internet Iran menyerang situs-situs tersebut pada kesempatan yang oleh orang Iran disebut Hari Quds, sehingga memacetkan pekerjaan. Mereka juga menulis dua pernyataan yang memusuhi Negara Israel. ”

Makan menyebutkan bahwa agen cyber nasional Israel menangani serangan-serangan ini dan menganjurkan para agar pengguna internet untuk menahan diri dari menekan tautan yang disabotase.

Baca: Situs-situs Israel Diretas dengan Menampilkan Hitung Mundur Kehancuran Zionis

Masyarakat Iran dan umat Islam di berbagai negara dunia memperingati Hari Quds Internasional setiap hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan untuk menunjukkan solidaritasnya dengan bangsa Palestina. Peringatan ini ditandai terutama dengan aksi pawai unjuk rasa anti Israel. Namun, karena pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah Iran membatalkan pawai di jalanan, dan mengalihkannya dengan cara melakukan aksi secara virtual.

Sementara itu, kantor berita Nour yang dekat dengan pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Selasa lalu melaporkan bahwa komputer di pelabuhan Bandar Rajai, Iran selatan, menjadi sasaran serangan cyber secara masif.

Baca:  Palestina Akan Mundur dari Semua Perjanjian dengan AS dan Israel

Nour menambahkan bahwa Iran dapat menggagalkan serangan siber itu sembari menuding Israel sebagai pelaku serangan, dan pihak Israel belum mengomentari tuduhan ini.

Iran dan Israel tahun lalu juga terlibat aksi saling menuduh melakukan perang cyber satu sama lain, sementara pada tahun ini juga dilaporkan terjadinya beberapa beberapa serangan. (mm/amn)

DISKUSI:
SHARE THIS: