Hamas Sebut Iran Tak Pernah Berhenti Dukung Perjuangan Palestina

0
126

Gaza, LiputanIslam.com –  Petinggi Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) Khalil al-Hayya menyebut Iran sebagai negara yang tak pernah berhenti sama sekali dalam memberikan dukungan dana, senjata, dan keahlian kepada para pejuang Palestina.

Seperti dilansir al-Alam, Selasa (21/1/2020), Al-Hayya menegaskan hubungan faksi pejuang Hamas dengan Iran tak pernah terputus dan tak pernah pula ada niatan untuk memutuskannya.

Menurutnya, hubungan Hamas dengan Iran hanya sempat terusik oleh beberapa perbedaan kebijakan politik, dan itupun kemudian berhasil diatasi oleh jerih payah jenderal legendaris Iran Qassem Soleimani yang gugur akibat serangan teror AS pada 3 Januari lalu.

Mengenai Mesir, dia memastikan Hamas tak dapat mengganti Mesir dengan negara lain dalam kemitraan untuk pengelolaan urusan nasional Palestina.

Baca: Israel Buka Bendungan, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Gaza Kebanjiran

Dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan di Gaza, al-Hayya menjelaskan bahwa Hamas bersepakat dengan Mesir dalam banyak persoalan dan kebijakan politik, dan hubungan antara keduanya berlandaskan berbagai kesefahaman yang baik.

Baca: Pemukim Israel Serbu Pelataran Al-Aqsa dengan Pengawalan Ketat Polisi

Dia menyatakan bahwa Ketua Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh tak ragu-ragu berkunjung ke negara manapun yang bersedia menerima dan menyambut baik kunjungannya, karena Hamas berusaha memperbaiki hubungan dengan semua negara, dan berhasil.

Dia juga menyebutkan tak ada kaitan krisis gas yang disuplai dari Mesir ke Gaza dengan kunjungan Haniyeh ke Mesir. Dia beralasan bahwa kunjungan itu hanya karena faktor dan perhitungan perdagangan semata. (mm/alalam)

DISKUSI: