Halau Perompak di Laut Merah, AL Iran Tuding AS Bermain di Balik Perompakan

0
43

Teheran, LiputanIslam.com  Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Shahram Irani, Rabu (18/5), menyatakan bahwa Angkatan Laut Iran berhasil menggagalkan serangan perompak terhadap kapal kargo Iran di Laut Merah setelah terlibat baku tembak.

“Tim pengawal Angkatan Laut bergegas ke daerah itu pagi ini dan bentrok dengan kapal penyerang setelah menerima panggilan darurat untuk bantuan dari kapal Iran yang diserang oleh kapal tak dikenal di Laut Merah,” katanya.

“Setelah kedatangan tim pengawal Angkatan Laut dan baku tembak antara kapal penyerang dan tim pengawal, mereka (bajak laut) memutuskan untuk melarikan diri dari daerah itu,” lanjutnya.

Dia kemudian menyebut-nyebut nama AS dengan mengatakan, “Menyusul adanya Aliansi Angkatan Laut Gabungan AS yang baru dengan sekutunya, kami menyaksikan peningkatan pembajakan di jalur air vital ini.”

Dalam peristiwa serupa pada pekan lalu, Angkatan Laut Iran mengumumkan keberhasilan pasukannya menggagalkan serangan bajak laut terhadap kapal dagang yang berlayar di Teluk Aden yang diserang oleh perompak tak dikenal.

Para perompak kemudian terpaksa melarikan diri setelah baku tembak dengan pasukan armada ke-80 Angkatan Laut Iran.

Kapal dagang itu sekarang berlayar dengan aman ke tujuannya berkat tindakan tepat waktu oleh tim pengawal Angkatan Laut.

Sejalan dengan upaya internasional melawan pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008, dan menjaga kontainer pedagang dan kapal tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran atau negara lain.

Selama menjalankan misinya di perairan internasional Angkatan Laut Iran telah berhasil menggagalkan beberapa serangan terhadap tanker Iran maupun negara-negara lain.

Saat ini, armada angkatan laut ke-80 Republik Islam Iran, termasuk kapal perusak Alborz dan kapal pengawal angkatan laut Bushehr, beroperasi di Samudera Hindia dan Teluk Aden untuk konvoi kapal termasuk kapal dagang dan kapal tanker minyak. (mm/presstv)

Baca juga:

Menlu Iran dan Menlu Saudi akan Mengadakan Pertemuan di Baghdad

Pertama Kali, Israel Simulasikan Serangan Besar terhadap Iran

DISKUSI: